21
Sep

5 Tanda Bahwa Atap Anda Bocor

Atap Bocor

Apakah Anda merasakan air di mana-mana pada bagian rumah Anda? Jika demikian, maka hal ini menandakan bahwa rumah Anda mengalami kebocoran. Baik kebocoran besar maupun kecil, semuanya dapat merusak dinding, fondasi, dan eksterior bangunan Anda. Berikut ini adalah tanda-tanda yang akan memberi tahu Anda bahwa Anda mengalami kebocoran di atap Anda.

Ada Noda Air
Noda air ini mungkin terlihat seperti genangan besar di langit-langit rumah Anda dan bercincin dengan warna coklat. Namun, tidak selamanya akan terlihat seperti itu. Beberapa noda justru sulit dilihat karena muncul di sudut-sudut yang lebih gelap. Sedangkan, noda kecil lainnya bisa saja menjadi tanda kebocoran yang jauh lebih besar. Untuk itu, jika Anda melihat perubahan warna pada langit-langit atau dinding Anda, maka perhatikan dengan lebih seksama pada jamur, kelembaban, dan tanda-tanda lain dari kebocoran.

Terkadang Ada Tetesan
Jika Anda melihat tetesan, kelembapan di dinding, atau noda lembab tetapi tidak sering melihatnya, Anda mungkin masih memiliki kebocoran di atap Anda. Bahkan jika kebocoran itu tampaknya hilang, maka periksalah. Aturan dengan kebocoran: jika Anda melihat kelembaban, selidiki saja atau bahkan tampaknya hilang, maka berhati-hatilah. Hal ini dikarenakan masalah kelembaban kronis dapat menyebabkan kerusakan atap yang permanen.

Ada Bintik-bintik di Dinding Eksterior Anda
Lihatlah di bawah garis atap Anda di luar ruangan! Apa yang Anda lihat? Jika ada bintik-bintik air di bawah sana, Anda mungkin mengalami kesulitan dimana dinding bertemu dengan atap. Bintik-bintik air di lokasi ini dapat menunjukkan masalah dengan flashing (strip dari logam yang digunakan untuk menghentikan air dari penetrasi persimpangan atap dengan permukaan lain.) Anda.

Dinding Anda Bertumbuh
Jika Anda memiliki dinding luar yang berlumut atau berjamur, bisa jadi itu adalah tempat yang kurang cerah dan bisa juga menunjukkan masalah dengan downspouts atau talang Anda. Meskipun mereka tidak terbuat dari bahan atap, downspouts dan talang membentuk satu kesatuan dengan sistem atap Anda saat mereka memindahkan air dari atap Anda dan turun ke tanah. Ketika atap rumah Anda mengalami kebocoran, maka Anda mungkin melihat tanda-tanda erosi di bawah selokan dan tanda-tanda kelembaban di sisi eksterior bangunan Anda, tergantung di mana kebocoran itu berada. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menambahkan selokan dan pemanasan selokan atau memperbaiki selokan yang kendur.

Anda Melihat Shingles yang Hilang atau Melihat Puing di Downspouts/Talang Anda
Shingles yang hilang menandakan masalah pada sambungan antara shingles Anda dan struktur lain, seperti cerobong asap. Sedangkan, puing-puing di downspouts Anda bisa menunjukkan adanya masalah dengan bahan atap Anda. Atap yang ditambal lebih rentan bocor seiring waktu meskipun Anda tidak melihat kebocoran di dalam rumah Anda. Namun, hal ini mungkin masih memiliki kemungkinan kebocoran yang perlahan-lahan.

Itulah tanda-tanda yang akan memberi tahu Anda bahwa Anda mengalami kebocoran di atap Anda. Ketika Anda melihat kerusakan yang terjadi di atap Anda, mintalah pemeriksaan agar Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang keadaan atap Anda dan kemungkinan kebocorannya. Anda pun dapat mengandalkan cat pelapis anti bocor dari Aquaproof dalam mengatasi atap rumah Anda yang bocor.

Aquaproof sendiri adalah merek lokal pertama yang memiliki kemampuan untuk melapis permukaan agar tidak bocor. Dibuat dari campuran polimer thixotropic, Aquaproof dirancang untuk melapisi berbagai tempat seperti atap dan dinding bagian luar, yang membutuhkan perlindungan ekstra dari kebocoran.