03
Sep

Cara Memperbaiki Atap Bocor

Kebocoran kecil pada atap dapat diperbaiki tanpa bantuan seorang roofter profesional. Langkah-langkah berikut akan memberikan Anda instruksi tentang cara mengidentifikasi masalah dan melakukan perbaikan pada atap rumah yang bocor. Sebaiknya Anda melakukan perbaikan pada atap Anda di hari yang cerah dan atap dalam keadaan kering untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Metode 1 : Memperbaiki Shingles

1. Periksa kerusakan pada material atap tepat di atas tempat kebocoran muncul. Sumber kebocoran mungkin akan lebih mudah ditemukan di atap yang datar, tetapi kebocoran dapat masuk kedalam rumah dengan jarak yang cukup jauh dari tempat kerusakan atap yang sebenarnya.

• Jika atap Anda miring, periksa area atap yang lebih tinggi dari tempat kebocoran yang masuk ke rumah.
• Jika Anda memiliki loteng, periksa dengan lampu senter untuk memeriksa apakah terdapat noda air, noda hitam, atau jamur.
• Jalankan selang di sepanjang bagian atap yang berbeda dan mintalah seseorang untuk memperingatkan Anda pada saat kebocoran terjadi.

2. Carilah material yang rusak, tergulung atau hilang di dekat tempat kebocoran. Perhatikan juga untuk memasang paku pada atap yang terbuka.

3. Luruskan shingles yang melengkung ke belakang. Pada saat cuaca dingin, mungkin Anda harus melunakkan tepi shingle dengan sesuatu yang panas, seperti menggunakan hair dryer. Menggunakan obor atau sumber panas api lainnya tidak dianjurkan karena atap shingle mungkin mudah terbakar, dan terlepas apakah atap shingle Anda tahan api atau tidak, panas berlebih dapat merusak atap shingle.

4. Pasang kembali atap shingle yang tergulung setelah meluruskannya dengan sejumlah semen atau senyawa aspal di sekitar tepian atap shingle yang terbuka.

5. Ganti atap shingle yang rusak. Jika dengan sedikit usaha atap shingle dapat terangkat, rusak, atau runtuh, atap shingle perlu diganti.

• Angkat atap shingle tua dengan mengangkat tepinya dan mencungkil paku yang menekan atap shingle.
• Gosok area di bawahnya untuk menghilangkan sisa atap semen.
• Gunakan pisau tajam untuk sedikit membulatkan sudut belakang atap shingle
• Geser atap sirap baru ke tempatnya dan dorong 1 1⁄4inci (3.2 cm) paku atap galvanis ke setiap sudut atas, lalu tutup kepala paku dengan semen atap.

Artikel Lainnya : Anti Bocor Dak Beton

Metode 2 : Menggulung Atap

1. Periksa celah atau gelembung pada bahan atap.

2. Memperbaiki atap yang menggelembung. Potong garis melalui bagian tengah atap yang menggelembung dengan pisau serba guna, tetapi jangan memotong atap yang terasa suaranya di bawahnnya.

o Peras atau singkirkan air yang terapat di dalam atap yang menggelembung. Area ini harus benar-benar kering.
3. Sebarkan banyak semen atap di bawah bahan atap yang longgar dan tekankan ke bawah.

4. Dorong paku pada atap galvanis di setiap sisi atap yang menggelembung untuk diperbaiki.

5. Tutup seluruh bagian atas yang sudah diperbaiki dengan semen atap, termasuk kepala paku.

Metode 3 : Kerusakan Atap Genteng

1. Pisahkan atap genteng yang rusak dengan palu dan pahatan.

2. Geser pahatan di bawah atap genteng yang rusak dan lepas potongan-potongannya.

3. Gunakan gergaji besi untuk memotong ujung paku yang tidak bisa dicungkil. Kerjakan di sekitar paku jika Anda tidak bisa menggergaji tanpa harus merusak atap yang bagus.

4. Potong atap genteng baru sekitar 3/8 inci (9.5 mm) lebih kecil dari yang lama menggunakan gergaji yang bergerigi.

5. Geser atap genteng baru ke tempatnya dan dipalu dengan 2 paku atap galvanis.
Jika paku lama yang menghalangi tidak bisa Anda singkirkan, gunakan gergaji pengerik untuk memotong paku yang terlihat agar bisa menempel.

6. Atur kepala dengan paku, lalu tutup dengan kompon dempul.

Metode 4 : Yang Terhubung Dengan Atap

1. Periksa area permukaan yang terhubung dengan atap, seperti cerobong atau pipa ventilasi.

• Cari kerusakan pada bagian yang diberi lem perekat, dan ulaskan kembali jika perlu.
• Keluarkan lem perekat yang rusak atau memburuk daya rekatnya sehingga dapat diaplikasikan dengan lem perekat yang baru ke atap atau permukaan yang mengalami kerusakan.
• Gunakan pisau dempul untuk menyingkirkan lem perekat yang mengendur.
• Bersihkan dan keringkan area.
• Potong ujung dari tabung lem perekat dan sebarkan lem perekat di sepanjang garis yang sama, lem perekat diletakkan bagian dalam celah. Biarkan mengering.

 

Baca Juga : Pelapis Anti Bocor Untuk Dak Beton