20
Agu

5 Tips Perawatan untuk Membantu Mencegah Kebocoran Atap

5 Tips Perawatan untuk Membantu Mencegah Kebocoran Atap

Salah satu masalah yang paling umum dan mahal bagi para pemilik rumah untuk memanggil kontraktor adalah untuk memperbaiki atap yang bocor. Tidak mengherankan, sebagian pemilik properti tidak memiliki keahlian (atau keinginan) untuk naik ke atap dan mencari tahu sendiri sumber permasalahannya.

Bahkan, seorang profesional akan kesulitan untuk menemukan sumber kebocoran karena posisi yang jarang berada di tempat yang sejajar dengan tempat masuknya air ke dalam rumah. Para kontraktor perlu menjadi menjadi seorang detektif supaya sumber kebocoran dapat diidentifikasi dan memahami jalur yang dilalui air dengan tepat.

Namun, semua kerusakan ini dapat dihindari dengan melakukan perawatan yang komprehensif. Bahkan National Roofing Constractors Association merekomendasikan agar pemeriksaan dan pemeliharaan atap dilakukan secara teratur agar mencegah kebocoran atap di masa depan. Lagi pula, pemilik rumah tidak akan mengharapkan:

  • Perapian akan bekerja secara efisien jika filter tidak pernah diganti
  • Mobil dapat dijalankan jika oli tidak pernah diubah

Sebelum melakukan pemeriksaan, kontraktor harus melihat-lihat keadaan tanah dan menanyakan pemilik rumah apakah terjadi cuaca ekstrim baru-baru ini, hewan di sekitar rumah, daun, puing-puing yang terjatuh, pepohonan, satelit atau pekerjaan kabel, atau kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada atap.

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Genteng yang Bocor

Setelah berada di atap, ikuti 5 kiat sederhana ini untuk membantu mencegah kebocoran atap yang mungkin dialami di masa mendatang dan tunjukkan bagaimana program perawatan dapat membantu mengidentifikasi masalah sebelum menyebabkan kerusakan.

1. Jika melihatnya melalui atap. Perembesan adalah sumber kebocoran yang paling umum dan dengan alami akan menghentikan aliran air dari atap. Lihat di sini terlebih dahulu untuk menemukan sumber kebocoran:

  • Cerobong Asap. Sumber kebocoran di atas. Apakah di cerobong asap Anda terdapat jangkrik? Apakah dalam melakukan langkah-langkah dan perhitungan saat proses penutupan benar? Apakah perlu disegel?
  • Jendela loteng. Air dapat terperangkap di belakangnya. Apakah penutup dalam keadaan yang baik? Apakah jendela loteng itu sendiri bocor?
  • Saluran pipa. Apakah tumpukan ventilasi memiliki neoprene atau karet yang telah retak seiring dengan bertambahnya usia? Apakah perlu ditutup atau dicat? Pernahkan makhluk mengunyah pipa atau penutup?
  • Apakah satelit dan kabelnya menyala dengan benar?

2. Yang Hidup di Ujung Tetesan. Ujung tetes tidak hanya estetis, penting untuk membantu memastikan air dijauhkan dari fascia dan pindahkan dari atap.

  • Sumber kebocoran umum pada atap dan penyebab kayu menjadi busuk adalah ujung penampung tetesan air yang hilang. Hujan yang didorong oleh angin akan memasuki celah antara dek atap dan papan fascia.
  • Ujung tetasan juga membantu mencegah serangga, makhluk, dan ular. Pastikan untuk memeriksa ujung tetesan saat mencari sumber kebocoran.

3. Setiap langkah yang diambil. Penutup harus dipasang pada sumber kebocoran dan item perawatan umum. Periksa area ini untuk memeriksa kerusakan:

  • Jendela pada atap
  • Transisi dari atap ke dinding
  • Dimana pun perekat atau damar berkualitas rendah telah digunakan di masa lalu.

4. Apa yang ada di loteng ANDA? Berkali-kali pemilik rumah berpikir jika atap adalah penyebabnya, padahal masalah bisa saja datang dari ventilasi yang tidak benar, pipa, AC, kondensasi, kipas angin, dan hewan atau kutu busuk di loteng. Waspadai:

  • Alga pada noda pada kayu interior
  • Cetakan
  • Isolasi yang basah saat hujan belum turun
  • Cincin hitam atau karat di sekitar paku, yang merupakan tanda kelembaban pertama yang mengembun di loteng
  • Apakah ada kekurangan ventilasi yang menyebabkan loteng terlalu panas atau menumpuk kelembaban?
  • Apakah lubang ventilasi udara yang masuk tersumbat dengan cat, jaring laba-laba, debu, atau isolasi?

5. Terakhir dari tips mencegah kebocoran atap adalah pikirkan tentang selokan. Banyak pemilik rumah yang tidak menyadari tentang pentingnya selokan mereka. Selokan perlu dipasang dan dibebani dengan benar untuk dikeringkan, diikat dengat erat, dan bebas dari puing. Kontraktor harus menekankan kepada pemilik rumah bahwa perawatan selokan harus diserahkan kepada profesional. Menasihati mereka tentang risiko memanjat tangga.

Lihat Juga : Daftar Cat Anti Bocor | Aquaproof

Semua kontraktor dapat menjelaskan kepada pelanggan mereka bahwa rencana pemeliharaan preventif yang terdiri dari pemeriksaan berkala (umumnya pada musim gugur dan musim semi), pemeliharaan rutin, dan perbaikan kecil dapat membantu menghindari masalah atap yang mahal ketika terjadi kerusakan. Pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan secara teratur oleh kontraktor atap profesional, dapat memantau kondisi atap dan membantu mencegah kebocoran atap kecil menjadi besar.

Anda dapat juga mencegah kebocoran atap dengan cat pelapis anti bocor dari Aquaproof yang memiliki kualitas terbaik untuk melindungi atap anda dari segala cuaca dan memiliki varian warna sesuai keinginan anda. Anda juga dapat melapisi bagian rumah lainnya seperti dinding, dak beton, seng, asbes, dll.