29
Okt

8 Penyebab Paling Umum Kebocoran Atap (Part 2)

penyebab kebocoranPenyebab Kebocoran – Jika di artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai 4 dari 8 penyebab paling umum terjadinya kebocoran atap, maka pada kesempatan kali ini, artikel ini akan melengkapi penjelasan tersebut dengan 4 penyebab lainnya sebagai berikut.

5. Skylight Anda Tidak Diinstal dengan Benar

Tampilan : Kebocoran dari masalah semacam ini super mudah dikenali. Jika Anda menemukan tempat basah atau secara konsisten perlu menempatkan ember tetes di sekitar sisi skylight Anda, Anda telah menemukan penyebabnya. Namun, kebocoran dan bintik-bintik basah di dekat bagian atas skylight mungkin merupakan masalah flashing.

Penyebab Terjadi : Ada dua penyebab utama untuk jenis kebocoran ini. Mengukur dan memasang skylight yang tidak benar saat pemasangan atau pembusukan isolasi sepanjang tepi skylight.

Cara Mengatasinya : Bersihkan semua puing dari skylight dan periksa retakan di jendela. Tutup semua retakan dengan lapisan silikon bening sepanjang panjangnya, jika perlu. Jika itu bukan penyebabnya, periksa flashing sekitarnya dan ganti sesuai kebutuhan.

6. Talang Anda Tersumbat

Tampilan : Anda mungkin bisa melihat daun-daun menjulur keluar dari selokan ketika Anda melihat ke atap Anda. Tapi, jika tidak, Anda harus memperhatikan kurangnya air yang menetes dari downspout selama hujan badai.

Penyebab Terjadi : Selokan Anda dimaksudkan untuk membantu perjalanan air dari atap. Ketika penyumbatan terbentuk dan mereka tersumbat, perjalanan itu berhenti. Air hujan kemudian akan menggenang di satu area atap dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk merembes melalui retakan.

Cara Mengatasinya : Tidak ada jawaban yang mudah untuk yang satu ini. Yang bisa Anda lakukan hanya ambil tangga, dan masuk ke sana dengan tangan Anda. Banyak yang merekomendasikan menempatkan terpal besar di bawah area tempat Anda bekerja. Dengan begitu, Anda dapat menjatuhkan puing apapun saat Anda pergi dan membungkusnya agar mudah dibuang nantinya.

7. Ada Kondensasi di Loteng Anda

Tampilan : Sebuah kebocoran kemungkinan besar berasal dari loteng Anda jika ruang menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan jamur. Bau, bau apek yang berasal dari loteng juga merupakan kunci bahwa air telah masuk ke dalam.

Penyebab Terjadi : Sebagai bagian paling atas dari rumah Anda, loteng terperangkap antara suhu dalam dan luar ruangan. Ketika benturan itu terjadi, maka kondensasi akan terbentuk dan kelembapan akan mengikuti.

Cara Mengatasinya : Pertama, atasi pertumbuhan jamur. Kemudian, luangkan waktu untuk mengisolasi loteng Anda untuk mencegah fluktuasi suhu yang besar. Pastikan bahwa semua ventilasi atap bersih dari ujung interior dan pasang kipas ventilasi besar, jika diperlukan.

8. Anda Menggunakannya Terlalu Banyak

Tampilan : Sayangnya, tidak ada cara untuk membedakan apakah ini penyebab kebocoran. Namun, semua pemilik rumah harus berhati-hati dengan seberapa sering mereka menjelajah ke atap rumah mereka.

Penyebab Terjadi : Seperti yang Anda lihat dari penyebab lain dalam artikel ini, banyak bahan atap sangat rapuh. Anda mungkin secara tidak sengaja menginjak elemen penting atau memecahkan segel yang sudah genting.

Bagaimana Cara Memperbaikinya : Hindari berjalan di atap Anda kapan pun memungkinkan. Sewa tukang profesional untuk melakukan perbaikan Anda, karena mereka dilatih cara menghindari area yang paling mudah rusak.

Itulah keseluruhan 8 penyebab paling umum kebocoran atap. Perlu Anda ketahui bahwa baik memiliki atap tua, atap baru, atau bahkan atap hijau yang mewah sekalipun, keausan tidak dapat dihindari.

Namun dengan rejimen perawatan yang tepat, setiap atap memiliki kemampuan untuk menjaga keluarga Anda tetap hangat dan kering selama beberapa dekade. Salah staunya dengan mengandalkan cat pelapis anti bocor dari Aquaproof untuk mencegah atap rumah Anda bocor.

Aquaproof ini adalah merek lokal pertama yang memiliki kemampuan untuk melapis permukaan agar tidak bocor. Dibuat dari campuran polimer thixotropic, Aquaproof dirancang untuk melapisi berbagai tempat seperti atap dan dinding bagian luar, yang membutuhkan perlindungan ekstra dari kebocoran.