Ungkap 3 Kemampuan Utama Aquaproof Melalui #EksperimenKeren

March 09 2021

Beredarnya berbagai jenis cat pelapis anti bocor di pasaran tentunya membuat masyarakat lebih selektif dalam memilih. Mereka juga mencari tahu lebih lanjut mengenai produk sebelum akhirnya memutuskan produk yang tepat untuk melindungi rumahnya terlebih di musim hujan yang rawan muncul masalah bocor dan rembes. Aquaproof sebagai pelopor cat pelapis anti bocor di Indonesia, tentunya sudah dikenal dengan fungsinya yang tak perlu diragukan lagi untuk mengatasi bocor dan rembes. Namun baru-baru ini KoharoTV mengungkap 3 kemampuan utama Aquaproof melalui #EksperimenKeren di akun media sosialnya.

Melalui video berdurasi 1 menit 29 detik, KoharoTV menunjukkan eksperimen menggunakan cairan berwarna biru. Pada eksperimen pertamanya KoharoTV menunjukkan besek (anyaman bambu) yang dituang air dan airnya bocor karena besek tersebut memiliki lubang-lubang kecil antar anyaman, namun setelah dilapisi cairan berwarna biru dan dibiarkan mengering KoharoTV kembali menuangkan air dan ajaib airnya tidak menetes sedikitpun. Kemudian Koharo juga melapisi cairan tersebut ke kertas yang dibentuk menjadi perahu. Kertas tersebut dimasukkan ke dalam air dan tidak bocor, sedangkan kertas satunya kertas yang sama namun tidak dilapisi cairan tersebut langsung basah ketika dimasukkan ke wadah air. Hal ini tentu merepresentasikan fungsi kedap air.

Pada percobaan kedua, KoharoTV mengeringkan lapisan cairan biru yang sudah dibentuk persegi panjang dengan tebal kira-kira 1 mm dan menariknya, dan ajaib kembali lapisan cairan tersebut bisa memanjang hingga 5 kali lipat tanpa putus atau sobek sedikitpun. Dari eksperimen ini menunjukkan bahwa cairan biru tersebut bersifat elastis. Selanjutnya di percobaan ketiga KoharoTV menaruh pengait diatas papan kemudian melapisi cairan biru tersebut di sekeliling papan termasuk menutupi permukaan pengait. Setelah kering, pengait itu digunakan untuk mengangkat ember yang berisi air penuh dan hasilnya dengan pengait dan papan kecil tersebut mampu menahan beban air seember tanpa putus atau ada pergerakan posisi dari pengait. Percobaan ketiga ini merepresentasikan fungsi daya lekat kuat.

Di akhir video percobaan, baru diketahui ternyata cairan biru tersebut adalah Aquaproof yang merupakan cat polimer sintesis yang bersifat elastomerik. Melanjuti percobaan tersebut, KoharoTV berbincang langsung dengan perwakilan tim Aquaproof yaitu Chandra melalui IG Live. Mewakili peserta yang menonton IG Live, salah satu bagian menarik saat IG Live berlangsung yaitu KoharoTV menunjukkan bagian dinding dalam rumahnya yang rembes. “Dinding yang akan diaplikasikan Aquaproof harus bersih, dalam arti bebas dari lapisan cat lama, bebas dari debu&kotoran, lanjutkan dilapisi primer dengan Super Cement dan Semen, kemudian bisa dilanjutkan dengan pengecatan Aquaproof 2x lapis pada dinding luarnya”, jelas Chandra memberikan solusi perbaikan pada masalah dinding rembes KoharoTV.

Selain mendapatkan pengetahuan di bidang waterproofing, yang tak kalah seru dari IG Live saat itu adalah kuis #EksperimenKeren yang berkesempatan mendapatkan uang elektronik sebesar Rp 2.000.000 untuk 20 orang pemenang beruntung yang menonton IG Live dan mengikuti mekanisme capture saat pengecatan Aquaproof ke bidang aplikasi dan posting ke akun IG peserta. Antusiasme peserta yang menonton dan mengikuti kuis ini sangat tinggi, terlihat dari banyaknya postingan mereka yang di-tag ke akun @Aquaproof_id saat itu.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!