3 Tips Merekatkan Keramik dan Merawat Keramik Agar Mengkilap

February 11 2022

Merawat rumah termasuk pada bagian lantai keramik juga bisa menjadi salah satu faktor kesehatan keluarga. Sebab lantai juga merupakan bagian penting di suatu bangunan, lantai menjadi tempat lalu lalang dan juga tempat beraktivitas. Tanpa kita sadari hampir setiap hari kita selalu menginjak lantai sehingga tidak heran kalau lantai dapat menyimpan kuman penyebab berbagai penyakit. Selain berhubungan dengan kesehatan, merawat lantai secara berkala juga membuat lantai keramik menjadi awet.

alt_text

Untuk membuat lantai rumah Anda mengkilap dan awet, kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat lantai agar tetap bersih dengan mudah.

1. Membersihkan Lantai Keramik Dengan Lemon Agar Tetap Mengkilap

Siapa yang tidak tahu tentang buah lemon yang merupakan sumber vitamin C yang juga bisa digunakan sebagai pembersih noda yang membandel. Saat ini sudah banyak bahan pembersih lantai yang di dalamnya sudah terkandung bahan ekstrak lemon karena lemon dikenal mampu membersihkan noda dengan efektif.

Perlu diketahui bahwa ekstrak lemon juga mengandung zat anti bakteri yang dapat membunuh kuman atau bakteri, baik itu pada peralatan rumah tangga, pakaian hingga lantai.

Untuk bisa membersihkan lantai dengan lemon, Anda bisa menggunakan campuran perasan lemon dengan air hangat dengan perbandingan 1:3 selanjutnya cairan tersebut Anda bisa semprotkan pada lantai keramik yang kotor.

Setelah selesai menyemprotkan cairan lemon, tunggu hingga beberapa menit agar ekstrak lemon bekerja dan selanjutnya bilaslah menggunakan air.

2. Lantai Kusam Menjadi Mengkilap Menggunakan Cuka

Selain ekstrak lemon, Anda juga bisa menggunakan cuka. Kandungan yang ada dalam cuka bisa mengembalikan warna lantai yang sudah kusam. Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkan cuka dengan air dan aduk hingga campurannya sempurna.

BACA JUGA : Apa itu Supergrout A+ dan Fungsinya?

Selanjutnya Anda bisa menyemprotkannya pada lantai yang kusam dan diamkanlah dalam waktu kurang lebih 5 menit kemudian bilas dengan air bersih dan lantai Anda menjadi mengkilap.

3. Mengepel Lantai Keramik Menggunakan Baking Soda Agar Mengkilap

Selain lemon dan juga cuka, Anda juga bisa menggunakan baking soda agar lantai bisa tetap mengkilap dan terawat. Perlu Anda ketahui bahwa granit dan keramik juga bisa dibersihkan menggunakan baking soda. Sebaiknya aplikasikan secara rutin agar lantai tetap bersih dan mengkilap. Caranya dengan menyemprotkan campuran baking soda dan air pada lantai yang kotor dan kusam, tunggu beberapa menit hingga baking soda bereaksi. Selanjutnya gosoklah bagian lantai yang sudah diberi baking soda menggunakan sikat, kemudian bersihkan kembali menggunakan kain lap/pel basah agar tidak tersisa baking soda di lantai.

Gunakanlah Superfix Sebagai Semen Instant Perekat Keramik dan Supergout A+ Sebagai Pengisi Nat Keramik 

Apabila Anda ingin memasang keramik baru sebaiknya menggunakan perekat keramik dari Aquaproof yaitu Superfix yang memiliki “Thin Set Technology” dengan lapisan tipis 2 - 3 mm dapat merekatkan keramik jauh lebih kuat. Bahkan jika Anda kesulitan membongkar keramik, Anda juga dapat mengaplikasikan Superfix untuk tile on tile (keramik di atas keramik) sehingga pengerjaan menjadi lebih mudah. Hal ini tentunya dapat membuat keramik Anda merekat lebih tahan lama dan terhindar dari keramik terangkat, serta menghindari penyebab kerusakan yang membuat perawatan keramik menjadi sia-sia.

Selanjutnya untuk pengisi nat percayakan pada Supergrout A+ karena Supergrout A+ adalah inovasi terbaru pengisi nat instan dari Aquaproof yang tahan asam seperti asam dari cairan pembersih. Penggunaan nat Supergrout A+ menjadikan nat lebih tahan lama, meskipun nat sering dibersihkan menggunakan sikat & cairan pembersih, nat tidak terkikis dan tidak mengalami perubahan warna sehingga dapat mendukung lantai bersih dan mengkilap di rumah Anda. Penggunaan pengisi nat bermutu tinggi Supergrout A+ sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan pada dinding dan area yang sering terpapar cairan asam seperti kamar mandi dan dapur.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!