Rekomendasi Cat untuk Seng Penolak Panas

September 03 2021

Pada saat musim panas atau musim kemarau tiba tentunya akan sangat membuat Anda tidak nyaman, merasa gerah dan terus berkeringat dalam rumah apalagi bila bangunan rumah Anda menggunakan seng pada atapnya. Agar suasana rumah Anda lebih sejuk, adem dan nyaman beraktivitas sepanjang hari, ada beberapa tips atau rekomendasi. Penggunaan cat atap seng yang kurang tepat tentunya tidak memberi solusi rumah nyaman untuk Anda. Saat ini ada revolusi dalam industri cat dengan munculnya merk cat yang mampu menolak panas yang tentunya sangat ramah lingkungan.

alt_text

Cat yang berfungsi sebagai penolak panas untuk atap yang berbahan metal/logam seperti seng akan membantu mengurangi efek panas dari cahaya matahari dan akan membuat ruangan rumah Anda lebih nyaman dan lebih adem. 

Cat untuk seng penolak panas dapat menggunakan produk HeatGard yang sangat efektif meredam dan menolak panas, sangat direkomendasikan karena untuk digunakan yang fungsinya selain cat penolak panas, tapi juga sebagai cat anti bocor dan penghambat karat sehingga cocok digunakan untuk atap rumah berbahan seng maupun atap gudang dan pabrik yang berbahan metal maupun logam. Adapun keuntungan menggunakan cat untuk seng penolak panas sebagai berikut:

  1. Cat HeatGard dapat menurunkan suhu permukaan bidang hingga 20 derajat Celsius 
  2. Cat HeatGard dapat menghemat energi listrik untuk AC atau pendingin ruangan.
  3. Cat HeatGard sangat efisien digunakan pada atap gudang maupun pabrik karena dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan mengurangi dampak dehidrasi.
  4. Cat HeatGard dapat mencegah terjadinya karat pada atap Seng, Zincalum maupun Galvalum.
  5. Cat HeatGard dapat meredam kerasnya suara hujan.
  6. Cat HeatGard ramah terhadap lingkungan.
  7. Cat HeatGard cepat kering.
  8. Cat HeatGard memiliki ketahanan yang sangat baik dan maksimal.

Cara Mengecat Seng agar Atap Rumah Menjadi Lebih Bagus

Atap rumah adalah bagian yang penting dalam sebuah bangunan sehingga penting memperhatikan material serta cat yang digunakan. Ada banyak sekali material yang digunakan untuk bahan atap atau genteng seperti seng maupun atap yang berbahan logam maupun metal. Setiap bahan tentunya memiliki kelebihan dan keunggulan masing - masing. Agar terlihat menarik tentunya material atap harus dilakukan proses finishing, misalnya Anda menggunakan atap seng. Berikut ini adalah cara dan alat yang bisa Anda gunakan untuk mengecat atap yang berbahan seng agar terlindung dari karat maupun panas matahari.

Siapkan alat - alat ini:

  • Cat
  • Kuas/Roll/Airless Spray
  • Wadah
  • Kain Lap

BACA JUGA : Merk Cat Anti Panas yang Membuat Rumah Sejuk

Setelah Anda sudah menyiapkan semua bahan diatas, Anda bisa memulai proses pengecatan atap seng rumah Anda, pabrik maupun gudang dengan mengikuti langkah - langkah sebagai berikut:

1. Menentukan Atap Seng yang Ingin Anda Cat

Untuk tahap awal memulai pengecatan seng adalah harus mengetahui dan menentukan bagian atau atap seng yang mana yang ingin Anda cat, dengan cara ini Anda tentunya bisa memperkirakan berapa jumlah cat yang akan dihabiskan.

2. Menyiapkan Bahan Cat Penolak Panas atau Cat Anti Karat

Untuk bisa mempermudah proses pengecatan atap seng/logam/metal siapkan wadah dan taruhlah cat HEATGARD di dalam wadah untuk mengukur takaran dan memudahkan nantinya saat proses pengecatan. Penggunaan cat penolak panas HeatGard cukup 1 liter untuk 1 meter persegi dengan dua kali pelapisan tanpa perlu dicampur air.

3. Membersihkan Permukaan Atap Seng

Sebelum memulai pengecatan sebaiknya bersihkan dahulu atap seng Anda atau atap yang berbahan metal maupun logam dan pastikan semua permukaan tidak terdapat debu, noda, atau kotoran yang menempel pada atap seng.

4. Memulai Melakukan Pengecatan

Untuk melakukan pengecatan atap seng rumah Anda gunakan alat seperti kuas, roll atau airless spray. Pastikan alat yang Anda gunakan seperti kuas sesuai ukuran sehingga proses pengecatan menjadi lancar. Oleskan dengan merata pada bagian yang ingin Anda cat dengan gerakan horizontal ataupun vertikal. Pilih salah satunya agar bisa mendapatkan hasil yang rapi dan juga halus. Pastikan tidak ada celah atau ruang kosong yang belum di cat. Pada lapisan kedua diusahakan menyilang dari pelapisan pertama, contoh lapisan pertama menggunakan gerakan vertikal maka lapisan kedua usahakan gerak horizontal bila memungkinkan.

5. Mengulangi Pengecatan Beberapa Kali

Agar hasil pengecatan lebih maksimal, sebaiknya ulangi beberapa kali proses pengecatan sampai didapat ketebalan yang diinginkan. Setiap pelapisan cat dilakukan setelah lapisan sebelumnya mengering.

6. Proses Akhir Pengecatan

Setelah semua bagian sudah Anda cat, pastikan kembali apakah semua bagian permukaan maupun celah sudah terlindungi oleh cat anti panas atau cat anti karat HeatGard dan apabila ada cipratan cat yang mengganggu segera dibersikan menggunakan kain lap agar rapih.

Demikian rekomendasi dan tips cat untuk seng penolak panas dan cat anti karat dari HEATGARD diharapkan tips dan rekomendasi ini bisa menjadi solusi agar rumah menjadi lebih nyaman dan adem.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!