Tips Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor Dengan Benar

August 25 2021

Terjadinya rembesan air pada dak beton memang terkadang membuat kita pusing dan bingung bagaimana mengatasinya. Sudah berbagai cara yang kita lakukan namun masih masih saja belum menemukan jalan keluarnya. Memang untuk mengatasi dak beton yang bocor bukan perkara yang mudah.

alt_text

Untuk mengatasi dak beton yang bocor Anda bisa lakukan dengan beberapa cara. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips cara memperbaiki dak beton yang bocor dari atas dan bawah.

Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor Dari Atas

Mengatasi dak beton yang bocor terlebih dahulu kita harus mengecek kondisi luarnya. Dak beton juga pada umumnya rawan tergenang air bila hujan turun, air akan tergenang lebih lama apabila ada saluran air yang mampet. Untuk mengatasi dak beton yang bocor dari atas mulanya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini adalah cara atau langkah yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki dak beton yang bocor:

  1. Amati dan perhatikan seluruh bagian dan mencari di titik mana yang menjadi sumber kebocoran.
  2. Kemudian setelah Anda sudah menemukan titik mana yang menjadi penyebab kebocoran, selanjutnya perhatikan di bagian permukaan dak beton apakah terdapat keretakan atau terdapat celah yang mengakibatkan air merembes masuk melalui celah tersebut. Retak atau celah tersebut juga perlu diperhatikan dalam bentuk retak lebar atau retak rambut.
  3. Apabila terdapat keretakan pada bagian permukaan dak beton Anda, lakukan pemahatan pada retakan yang berbentuk paritan memanjang searah di retakan dalamnya hingga 1 - 1,5 cm dan membentuk huruf V. Tujuannya agar dempulan dapat lebih mudah masuk hingga ke dalam.
  4. Selanjutnya bersihkan permukaan dak beton yang akan dilapisi, terutama bagian yang berbekas pahatan untuk menghilangkan debu dan kotoran lainnya
  5. Langkah selanjutnya isi pada bagian pahatan menggunakan campuran adukan Super Cement dan semen dengan perbandingan volume 1:5 
  6. Tunggu hingga kering, selanjutnya lapisi dengan waterproofing yang cocok untuk dak beton rawan genangan air yaitu menggunakan Aquaproof PRO. 
  7. Proses pelapisan sangat mudah, Aquaproof PRO bisa langsung diaplikasikan dengan kuas maupun rol tanpa perlu dicampur air.
  8. Anda perlu memperhatikan Aquaproof PRO 1 kg untuk melapisi bidang seluas 1 m² dengan dua kali pelapisan.
  9. Aquaproof PRO selain sebagai cat pelapis anti bocor yang handal untuk dak beton, juga memiliki kelebihan tahan UV dan minim noda

BACA JUGA: 5 Tips Cara Memilih Cat Pelapis Anti Bocor untuk Dak Beton

alt_text

Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor Dari Bawah

Tentunya kita akan menemukan masalah dak beton yang bocor dari atas dan juga menemukan dampak dak bocor yang terlihat langsung dari bawah. Tentunya ada solusinya untuk mengatasi dak beton yang bocor dari bawah. Berikut ini adalah cara mengatasi dak beton yang bocor dari bawah:

  1. Setelah selesai memperbaiki dak bocor dari atas, langkah selanjutnya Anda harus memperbaiki dak beton dari bawah juga yang biasanya disebabkan oleh air yang masuk dari dak beton atas dan merembes.
  2. Perlu diperhatikan kerusakan yang biasanya muncul yaitu terdapat pada bagian plafon, tampilannya bisa plafon yang sudah mulai hancur dan muncul banyak lumut serta jamur.
  3. Apabila kerusakannya belum sampai parah hanya terdapat sedikit lumut atau jamur di bagian tertentu yang menyebabkan terjadi kelembaban, Anda bisa membersihkan lumut atau jamur tersebut terlebih dahulu
  4. Setelah permukaan bersih, bisa dilakukan tahapan finishing yaitu pengecatan menggunakan produk cat Aquaproof yang tentunya melekat lebih kuat.

Sekian solusi bagaimana mengatasi dak bocor dari atas dan solusi bagaimana mengatasi dak bocor dari bawah menggunakan produk anti bocor dari Aquaproof yang tentunya memiliki banyak kelebihan yang sudah terbukti melindungi rumah keluarga Indonesia selama lebih dari 35 tahun.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!