5 Fungsi Nat Keramik Di Lantai Maupun Dinding Rumah

June 06 2022

Hampir semua orang pasti sudah mengenal dan pernah menggunakan ubin di ruangan rumah. Kalau kita berbicara ubin atau lantai tentunya diperlukan keramik, serta tidak dapat dipisahkan juga dengan bahan pengisi nat keramik. Dahulu nat keramik biasanya menggunakan semen dengan warna monoton, yaitu warna asli semen. Namun saat ini sudah banyak jenis nat keramik instan yang lebih praktis, pengaplikasiannya mudah serta memiliki varian warna yang sangat menarik.

Penggunaan nat keramik tidak hanya memperindah lantai rumah Anda, namun nat keramik juga memiliki kekurangan seperti dapat terkikis dan warnanya dapat berubah. Terjadinya kerusakan nat keramik ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu sering terkena cairan Asam Klorida (HCl) yang biasa terkandung dalam cairan pembersih kerak pada keramik dinding maupun lantai terutama untuk area kamar mandi dan dapur.

alt_text

Perlu Anda ketahui penggunaan cairan pembersih mengandung Asam Klorida (HCl) atau bahan kimiawi lainnya yang terlalu kuat atau terlalu keras juga bisa merusak nat keramik, ditambah tekanan saat Anda membersihkan nat menggunakan alat penggosok seperti sikat lantai. Warna nat keramik pun bisa berubah apabila Anda secara asal-asalan menggunakan produk pengisi nat keramik. Anda bisa menghindari hal ini dengan menggunakan pengisi nat keramik yang tahan asam dan kimiawi lainnya yaitu Supergrout A+

Pengisi nat Supergrout A+ dapat digunakan untuk mengisi nat pada keramik, marmer, mozaik dan sejenisnya. Supergrout A+ dengan Polymerized Acid Resistant Technology sudah terbukti tahan asam melalui pengujian ekstrem menggunakan cairan pembersih mengandung HCl 20% direndam selama 1 jam. Kondisi nat setelah 1 jam menunjukkan Supergrout A+ sangat baik, pengisi nat tahan asam merk lain mengalami reaksi ditandai perubahan warna menjadi hijau pada bagian yang terendam dan pengisi nat biasa mengalami pengikisan.

alt_text

5 Fungsi Nat Keramik dan Cara Mengaplikasikannya Sendiri di Rumah 

Bagi Anda yang sudah lebih mengetahui produk Supergrout A+ pengisi nat keramik tahan asam dan kimiawi lainnya namun belum mengetahui apa saja fungsi nat keramik dan cara mengaplikasikannya, berikut ini penjelasan fungsi nat keramik yang perlu diketahui.

1. Fungsi Nat Keramik Sebagai Perekat

Dalam pemasangan keramik memang dibutuhkan penambahan nat pada celah antar keramik. Nat Keramik berfungsi untuk merekatkan antar keramik pada lantai maupun dinding, semakin bagus kualitas produk solusi ubin yang Anda gunakan seperti Superfix sebagai perekat keramik superior dan Supergrout A+ sebagai pengisi nat tahan asam maka akan semakin baik hasilnya sehingga dapat meningkatkan daya tahan keramik agar tidak mudah terlepas ataupun terkikis nantinya.

2. Fungsi Nat Keramik untuk Menguatkan Lantai Keramik

Penggunaan nat keramik dan pengisi nat keramik yang berkualitas seperti Superfix dan Supergrout A+ sangat penting agar keramik pada lantai maupun dinding di rumah Anda tidak mudah lepas dan berlubang karena kedua produk tersebut memiliki daya lekat tinggi. Superfix sebagai perekat keramik superior memiliki kemampuan merekatkan keramik jauh lebih kuat dibandingkan semen biasa ditambah Supergrout A+ yang melekat kuat disertai kemampuan tidak mudah terkikis dan retak. Fungsi nat keramik untuk menguatkan lantai tentunya harus didukung dengan pemilihan produk yang berkualitas. Sebaliknya apabila Anda menggunakan produk yang asal-asalan, serta mengaplikasikannya secara asal-asalan seperlunya saja nantinya dapat timbul masalah keramik lepas, mudah pecah, popping, menggelembung sehingga pada akhirnya dapat membuat Anda mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya.

3. Fungsi Nat Keramik Sebagai Penambah Nilai Estetika

Fungsi nat keramik juga bisa menambah estetika atau keindahan di dalam ruangan rumah Anda. Sebaiknya dalam pemilihan warna nat keramik, pertimbangkan untuk memilih warna nat yang sesuai dengan corak keramik yang dipasang agar estetika rumah Anda bisa lebih maksimal.

4. Fungsi Nat Keramik Sebagai Penghalang Masuknya Binatang Kecil

Pemasangan nat keramik juga bisa berfungsi sebagai penghalang agar serangga maupun cacing tidak muncul pada sela-sela keramik. Penggunaan nat keramik dapat meminimalisir munculnya binatang-binatang kecil yang bisa muncul dari bagian dalam tanah yang dapat mengganggu kenyamanan keluarga Anda di rumah .

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Lantai Keramik Terangkat dan Mencegahnya

5. Fungsi Nat Keramik untuk Mencegah Rembesan Air

Penggunaan nat keramik yang berkualitas tentunya dapat mencegah rembesan air khususnya pada rumah lebih dari satu tingkat, seperti kamar mandi lantai 2. Oleh karena itu, wajib untuk memasang nat keramik pada area yang basah dan tergenang air seperti kamar mandi. Anda juga tidak perlu khawatir untuk sering membersihkan kerak pada lantai kamar mandi bila sudah menggunakan pengisi nat Supergrout A+ yang tahan terhadap asam cairan pembersih dan bahan kimiawi lainnya sehingga nat tidak mudah terkikis dan retak. Selain itu juga membuat nat di rumah Anda menjadi tahan jamur & lumut, warna tahan lama, tidak menyusut serta mudah dibersihkan.

 

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!