Perubahan cuaca panas & hujan bikin cat dinding cepat mengelupas? Simak tips ini yuk!

December 22 2020

Saat ini perubahan cuaca sedang tidak menentu, siang panas terik, lalu tiba-tiba hujan di sore hari. Perubahan cuaca tersebut tentunya berdampak pada rumah kita, khususnya pada cat dinding luar. Cat dinding luar menjadi lebih cepat rusak, cepat pudar, mengelupas, bahkan berjamur dan berlumut. Sebenarnya, kerusakan cat akibat perubahan cuaca panas dan hujan bisa diantisipasi dengan beberapa cara yang sederhana dan mudah. Nah, simak tips di bawah ini yuk!

  1. Kenali jenis bahan dinding rumah. Apakah terbuat dari gypsum, batu alam atau kayu. Dengan mengenali jenis bahan dinding rumah maka kamu bisa menentukan cat apa yang paling cocok untuk dinding rumahmu.
  2. Gunakan cat khusus eksterior Heatgard. Heatgard adalah cat tahan panas dari Aquaproof. Salah satu keunggulan Heatgard adalah penolak panas karena Heatgard mampu memantulkan panas dan menghambat penyerapan panas ke dalam ruangan. Lalu keunggulan Heatgard yang lainnya adalah anti bocor dan tahan karat dengan daya lekat, elastisitas dan ketahanan yang kuat.
  3. Pilih cat tahan panas yang berwarna cerah seperti warna abu abu, putih dan cream yang dimiliki oleh Heatgard. Warna cerah cenderung lama memudar dibandingkan warna yang pekat.
  4. Gunakan airless spray atau bisa juga gunakan kuas dan roll ketika mengecat dinding luar.
  5. Untuk mendapatkan fungsi penahan panas dan hujan yang efektif, lakukan pengecatan 2 lapis atau lebih sampai mendapatkan ketebalan sesuai daya sebar yang dianjurkan, yakni 1 liter untuk 1 m², dengan selang waktu minimal 1 jam setiap pelapisan tanpa dicampur air.

Demikian beberapa tips agar dinding rumah kamu tahan terhadap panas dan hujan, semoga bermanfaat ya!

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!