Tips Pasang Keramik Dinding yang Sudah di Plester

June 24 2022

Saat ini penggunaan keramik sudah menjadi solusi utama untuk mempercantik serta melindungi lantai maupun dinding rumah. Untuk memasang keramik pada dinding atau bidang vertikal tentunya ada sedikit trik, atau harus mengikuti aturan agar hasilnya bisa lebih optimal. 

alt_text

Dalam memilih keramik tentu ada ada banyak jenis dan warna yang tersedia, juga banyak motif dan juga pilihan tekstur. Untuk dapat menentukan keramik yang akan digunakan sebaiknya ketahui dahulu beberapa hal berikut agar keramik pada dinding bisa tampil lebih keren, tahan lama, tidak mudah lepas dan tidak terkikis.

Sebelum kita membahas cara pasang keramik untuk memperindah rumah Anda mari kita ketahui jenis-jenis keramik agar nantinya tidak salah pilih.

1. Glass Tile

Jenis keramik yang satu ini sering digunakan pada pemasangan keramik kamar mandi karena kesannya lebih terlihat terang. Jenis keramik ini juga jarang dipasang pada dinding tembok yang mungkin hanya digunakan pada bagian tertentu saja untuk pemanis.

2. Mosaic Tile

Perlu Anda ketahui jenis keramik ini memiliki corak yang sangat unik mulai dari warna, tekstur dan juga motif yang sangat memikat. Bagi Anda yang tidak ingin terlihat monoton atau ingin dinding lebih estetik, bisa menggunakan keramik jenis Mosaic Tile.

3. Glazed Wall Tile

Jenis keramik ini bisa jadi rekomendasi dan bisa Anda pasang karena jenis keramik ini paling banyak dicari. Motif dan ukuran dari Glazed Wall Tile ini menyerupai batu bata yang bisa Anda pasang pada dinding yang sudah di plester. Anda bisa menyusunnya dengan simetris yang dapat memanjakan mata.

4. Natural Stone Tile

Tipe ini bisa Anda pasang pada dinding yang sudah diplester. Tipe keramik atau jenis keramik Natural Stone Tile akan membuat ruangan di rumah Anda lebih terlihat natural dan lebih alami. Keramik jenis ini juga bisa Anda gunakan pada kamar mandi yang memberikan suasana yang unik.

5. Custom Tile Printing

Jenis ini juga sangat unik, Anda bisa mendesain keramik sesuai keinginan Anda sendiri menggunakan motif umum hingga motif lukisan. Anda bisa menggunakan Custom Tile Printing agar tampilan dinding lebih unik, mungkin lebih cocok juga pada area tertentu yang lebih ingin ditonjolkan didukung dengan lighting yang sesuai, atau memiliki konsep khusus seperti pada kamar anak.

6. Wood Look Tile

Bagi Anda yang menyukai penggunaan material kayu pada hunian namun masih ragu karena perawatannya ekstra, saat ini tersedia berbagai motif, warna dan tekstur keramik yang mirip dengan kayu. Keramik tampilan kayu akan memberikan kesan rumah lebih hangat, dan dari sisi perawatan juga mudah, sama dengan perawatan atau pembersihan keramik pada umumnya.

Tips Cara Pasang Keramik

Memasang keramik memang terlihat mudah, tetapi untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal Anda juga perlu memperhatikan beberapa langkah yang harus Anda ikuti. Pemasangan keramik juga sebaiknya dilakukan oleh tukang yang profesional, apabila Anda ingin memasang keramik sendiri kami menyarankan untuk mengikuti tips cara pasang keramik untuk dinding yang sudah diplester berikut ini:

Tahapan pertama cara pasang keramik dinding yang sudah diplester yaitu dengan merendam keramik ke dalam air, tujuannya adalah agar keramik bisa lebih mudah menempel saat pemasangan. Sebaiknya perhatikan juga kualitas keramik yang akan Anda gunakan. Pemilihan keramik yang berkualitas akan mempengaruhi proses pemasangan sehingga memudahkan Anda nantinya dan keramik akan lebih awet.

Tips selanjutnya adalah memperhatikan bahan perekat keramik dengan menggunakan bahan pengganti adukan campuran semen yang berkualitas Superfix. Pastikan saat menggunakan Superfix untuk merekatkan keramik, dinding sudah bebas dari batu dan kerikil yang nantinya dapat menimbulkan rongga di bawah keramik dan dilanjutkan penggunaan pengisi nat keramik Supergrout A+ yang sifatnya tahan asam serta kimiawi lainnya seperti asam pada cairan pembersih, sehingga nat yang dihasilkan tidak mudah retak dan terkikis terutama pada area kamar mandi dan juga dapur.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Nat Keramik dan Memperbaikinya

Tahap Terakhir, setelah pemasangan keramik selesai, tunggu keramik dan nat benar-benar kering. Sebaiknya hindari tekanan yang berlebihan di bagian pemasangan seperti benda-benda yang terlalu berat

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!