Apa Sih Fungsi Keramik Pada Konstruksi Bangunan? Yuk Disimak

November 15 2021

Sering sekali kita mendengar istilah kata keramik terutama saat membangun rumah. Keramik adalah ornamen rumah yang penting untuk menutupi bagian bangunan dan menambah nilai estetik rumah, dengan adanya keramik juga dapat memberikan kesan yang indah dan rapi serta dapat menjadi pelindung beberapa bagian rumah.

Hingga kini banyak keramik yang diproduksi dengan didesain sedemikian rupa dan banyak pilihan jenis tekstur, dapat kita temui di pasaran berbagai model keramik dan juga berbagai pilihan warna sehingga membuat interior maupun eksterior bangunan menjadi lebih menarik.

Untuk itu disini kami akan menjelaskan macam - macam fungsi keramik yang tidak hanya untuk lantai saja yang sebenarnya bisa digunakan untuk beberapa bagian bangunan.

1. Fungsi Keramik Sebagai Finishing Pada Konstruksi Bangunan

Keramik merupakan pelapis lantai yang dapat memberikan sentuhan akhir pada bangunan, yang membuat bangunan akan terasa lebih nyaman untuk dilihat. Dengan adanya keramik tentunya membuat ruangan kita menjadi terasa lebih lengkap saat kita membahas konstruksi bangunan. Untuk itu dalam pemasangan keramik juga perlu di perhatikan baik - baik. Apabila ada kesalahan dalam pemasangan akan menjadikan hasil akhir kurang rapi dan bisa saja akan membuat lantai kopong dan membuat keramik menjadi cepat retak.

2. Fungsi Keramik Sebagai Penutup Lantai

Rumah yang baru dibangun hanya dengan semen halus tentunya menjadi kurang sempurna dan kurang indah, yang kesannya gelap dan juga kotor pada ruangan. Keramik dirancang untuk bisa melapisi sebagai penutup lantai.

alt_text

Selain sebagai penutup lantai yang kasar, keramik juga bisa digunakan sebagai penutup dinding. Materi keramik juga harus kokoh karena akan sering diinjak. Untuk itu sebaiknya memilih keramik yang permukaannya tidak terlalu halus sehingga tidak membuat lantai Anda licin yang mengakibatkan penghuni rumah mudah jatuh.

Dalam pemasangan keramik tentunya dibutuhkan perekat keramik dan pengisi nat keramik yang berkualitas agar hasil pemasangan keramik lebih maksimal dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk merekatkan keramik jauh lebih kuat maka disarankan menggunakan semen perekat keramik instant salah satu produk Aquaproof yang dikenal dengan nama Superfix. Cukup dengan lapisan tipis 2-3 mm, semen perekat keramik Superfix sudah menempelkan keramik dengan kuat baik di lantai maupun di dinding. Untuk pengisi nat berkualitas disarankan dengan produk pengisi nat Supergrout A+ dari Aquaproof. Supergrout A+ adalah semen instant pengisi nat yang memiliki kemampuan tahan terhadap asam sehingga menjadikan nat tahan lama dan tidak mudah terkikis meskipun diaplikasikan pada kamar mandi dan dapur yang sering terpapar cairan pembersih dengan tingkat keasaman tinggi.

BACA JUGA : 4 Tips Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Dengan Tepat

3. Fungsi Keramik Sebagai Penutup Dinding

Fungsi Keramik selain sebagai penutup lantai juga bisa digunakan sebagai penutup dinding agar dinding terlihat lebih indah nyaman membuat ruangan terasa lebih nyaman. Pada umumnya fungsi keramik ini banyak ditemui untuk melapisi pada ruangan seperti dapur dan juga kamar mandi. Untuk penggunaan keramik di dapur biasanya keramik hanya untuk melapisi setengah tinggi dinding, dan kebanyakan dipasang pada bagian area dekat kompor yang memang sering terkena atau terciprat bumbu masakan dan minyak. 

alt_text

Tujuan keramik untuk melapisi dinding pada dapur agar mudah dibersihkan dari berbagai noda maupun minyak yang menempel. Saat dinding dapur sudah dilapisi dengan keramik juga akan memberikan kesan yang bersih dan juga rapi. Selain itu fungsi keramik yang dipasang di dapur juga akan lebih tahan lama dibandingkan hanya menggunakan cat tembok biasa saja.

Keramik juga sering ditemui dipasang pada dinding kamar mandi  sehingga juga akan melindungi dinding dari jamur. Keramik pada dinding kamar mandi juga akan lebih mudah dibersihkan dibandingkan hanya dilapisi oleh cat dinding biasa. Segera lapisi dinding kamar mandi dan menggunakan perekat dan pengisi nat keramik Supergrout A+.

4. Fungsi Keramik Pelapis Meja Dapur

Selain sebagai pelapis lantai dan pelapis dinding, fungsi keramik juga bisa digunakan untuk pelapis meja dapur. Alasannya mengapa menggunakan keramik untuk pelapis meja dapur tentunya agar meja dapur bisa menjadi lebih tahan lama yang fungsinya juga agar bisa tahan gores pada saat Anda mengulek bumbu, memotong makanan, dan lainnya. Meja dapur yang sudah dilapisi oleh keramik tentunya membuat kita lebih mudah membersihkan meja dapur dari berbagai noda bahan makanan yang menempel, keramik juga bisa melindungi permukaan dapur menjadi tidak berbau dan bisa menyelamatkan perabotan Anda.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!