Cara mengatasi hawa panas pada rumah dengan ampuh!

January 08 2021

Memasuki musim pancaroba, cuaca terkadang menjadi tidak stabil. Terkadang di pagi hari hujan dan di siang hari matahari bersinar dengan terik. Saat matahari bersinar dengan terik, udara di sekitar dan di dalam rumah cenderung ikut panas. Umumnya jika suhu udara di luar rumah pada siang hari mencapai 32 derajat Celcius, maka suhu udara di dalam rumah harus bersuhu 26-28 derajat Celcius. Jika melebihi suhu standar tersebut, tandanya kamu harus mengubah atau menyiasati kondisi ruang rumah dengan trik-trik tertentu. Berikut solusi terbaik untuk mengurangi hawa panas pada rumah!

Gunakan cat pelapis penolak panas HeatGard!

Lapiskan atap metal dinding facade, dinding samping rumah dengan HeatGard. Cat pelapis ini memiliki fungsi sebagai sebagai pemantul panas atau anti panas, pelapis anti bocor, sekaligus sebagai penghambat karat. Berdasarkan tes ukur permukaan menunjukkan bahwa lapisan HeatGard mampu memantulkan panas sehingga mampu menurunkan suhu permukaan 10˚C-15˚C. Bila dibandingkan akan sangat terasa perbedaan suhu pada permukaan atap yang dilapisi Heatgard dibandingkan dengan yang tidak. HeatGard tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu abu-abu, krem dan putih yang akan membuat nuansa rumah lebih adem. Selain itu dengan penggunaan HeatGard juga akan mengurangi pemakaian listrik AC sehingga lebih hemat.

Plafon tinggi

Sebaiknya buatlah plafon rumah tinggi untuk mendinginkan suhu udara di dalam rumah. Plafon tinggi akan memperlambat masuknya suhu/udara panas ke dalam ruangan sehingga rumah menjadi anti panas.

Sebab, paparan sinar matahari tidak akan langsung masuk ke dalam ruang, melainkan mengenai dinding luar rumah terlebih dulu, lalu masuk ke dalam rangka atap. Dari rangka atap udara panas akan diteruskan ke plafon, dan baru akan mengalir ke dalam setiap ruangan di rumah.

Kamu juga bisa menambahkan lubang ventilasi di plafon sebagai akses sirkulasi pertukaran udara di dalam rumah. Desain plafon yang tinggi juga memberikan efek interior rumah menjadi lebih luas dan lebar.

Pohon

Jika kamu memiliki pekarangan cukup luas tanamlah pohon di pekarangan. Pohon besar dapat menghalangi paparan matahari langsung ke dalam rumah. Jika tak memiliki lahan cukup untuk menanam pohon besar kamu bisa menanam pohon-pohon kecil dengan pot. Semakin banyak tanaman hijau di rumah juga akan membantu menyejukkan udara panas.

Nah itu dia cara mengatasi hawa panas pada rumah dengan ampuh. Bagaimana? Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa untuk pantau terus informasi penting seputar tips & trik properti dan hunian lewat website Aquaproof. Tak lupa, pastikan kamu menemukan produk-produk Aquaproof di Official Aquaproof di marketplace kesayanganmu.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!