Apa itu Waterproofing Coating dan Jenisnya

February 16 2022

Ada banyak cara untuk bisa melindungi rumah agar bisa terhindar dari masalah bocor dan rembes. Salah satu caranya yaitu Anda bisa mengaplikasikan waterproofing. Waterproofing atau pelapis anti bocor juga merupakan solusif yang efektif dan penggunaan pelapis anti bocor ini juga sangat mudah. Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan kuas, roll ataupun alat penyemprot.

alt_text

Produk waterproofing yang beredar di pasaran juga sangat beragam dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Untuk mengenal lebih jelas sehingga Anda tidak salah memilih waterproofing mari simak pembahasan apa itu waterproofing coating di bawah ini.

Apa itu Waterproofing Coating

Waterproofing coating adalah pelapisan kedap air di bagian permukaan substrat dengan memanfaatkan bahan kedap air seperti akrilik dan campuran polimer. Lapisan hasil coating juga mampu menahan atau mencegah penetrasi air sehingga dapat mengurangi resiko terjadi kerusakan pada bangunan. Pada umumnya area yang rentan mengalami bocor dan rembes dan membutuhkan waterproofing coating yaitu pada atap, dinding, sudutan dak beton, kamar mandi, basement, kolam renang, bak penampungan air dan lain-lain.

Apa Keunggulan Waterproofing Coating

Ada banyak keunggulan menggunakan waterproofing coating, jadi tidak perlu ragu apabila ingin menggunakan produk waterproofing coating seperti Aquagard dan Aquaproof Pro.

Berikut ini adalah keunggulan penggunaan waterproofing coating secara umum:

  • Mudah diaplikasikan, prosesnya sederhana dan mudah.
  • Tidak membutuhkan tukang, bisa dikerjakan sendiri.
  • Harga terjangkau.
  • Ada banyak pilihan.
  • Bisa mengatur komposisi dengan mudah.
  • Bisa menggunakan material tambahan agar bisa lebih kuat.
  • Mudah didapatkan karena tersedia di banyak toko bangunan.

Jenis - Jenis Waterproofing Coating

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak jenis waterproofing, namun di sini kami akan menjelaskan secara umum. Adapun jenisnya mulai dari tempat pengaplikasian, fungsi & manfaatnya serta produk waterproofing yang direkomendasikan.

BACA JUGA : Apa itu Aquagard, Fungsi dan Cara Menggunakan

Ekspose

Jenis waterproofing ini sangat baik, berbahan dasar kimiawi yang memiliki keunggulan tahan terhadap paparan sinar matahari atau sinar UV bahkan dalam cuaca yang ekstrem sekalipun.

Jenis waterproofing ini sangat cocok digunakan di luar ruangan seperti produk cat pelapis anti bocor Aquaproof Pro. Selain tahan UV, Aquaproof Pro dengan inovasi terbaru akrilat poliuretan performa tinggi tahan terhadap genangan air, elastis,dan minim noda. Aquaproof Pro cocok digunakan sebagai finishing pada atap dak beton Anda dengan hasil akhir yang halus seperti cat pada umumnya.

Anda bisa membeli produk-produk Aquaproof termasuk Aquaproof Pro di berbagai toko bangunan terdekat di kota Anda. Dengan menggunakan Aquaproof Pro tentunya dapat melindungi rumah dan keluarga Anda hingga bertahun-tahun.

Non Ekspose

Jenis pelapis ini berbeda dengan jenis ekspose karena jenis ini tidak tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung, waterproofing jenis ini masih memerlukan pelapis atau pelindung tambahan agar tidak langsung terpapar oleh sinar matahari.

Oleh karena itu jenis waterproofing ini sangat cocok digunakan pada area kamar mandi, kolam renang, ground tank, dan basement. Jenis waterproofing ini terdiri dari pelapis anti bocor berbahan semen dan membran. Untuk rekomendasi produk terbaik Anda bisa menggunakan waterproofing jenis dua komponen yang berbahan semen yang dikenal dengan nama Aquagard. Salah satu produk dari Aquaproof ini sudah terbukti efektif mengatasi bocor dan rembes di area basah dan tergenang air seperti pada area kamar mandi, balkon, kolam ikan, kolam renang dan basement. Cara penggunaannya mudah, cukup mencampurkan kedua komponen yang tersedia sesuai anjuran takaran pada kemasan. Kemudian lapiskan pada substrat menggunakan kuas ataupun roll.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!