Keramik lantai mudah retak? Ini solusi yang tepat mengatasinya!

January 26 2021

Merawat struktur bangunan tempat tinggal ternyata membutuhkan sedikit usaha dan ketelitian. Masing-masing struktur bangunan pastinya memiliki ciri khas berbeda-beda, begitu pun dengan bagaimana teknik merawatnya. Salah satu bagian bangunan tempat tinggal yang kerap merasakan kerusakan ialah lantai. Keramik salah satu bahan biasa dipakai pada lantai di samping memiliki sekian banyak keunggulan seperti gampang dibersihkan, kokoh, dan lebih tahan lama, ternyata juga dapat mengalami keretakan, dan ‘meledak’ akibat dampak tekanan dari bawah keramik tersebut sendiri, atau bahasa lainnya yakni tile popping.

Keretakan pada keramik lantai diakibatkan karena perekat keramik yang tidak rata atau adanya pergerakan tanah. Sehingga pada saat terkena desakan di unsur yang berongga, akan muncul kerusakan sampai retak atau keramik terbelah sekalipun.

Lantai yang telah retak bakal mengganggu. Tidak melulu merusak estetika, namun juga dapat melukai. Lantai yang terpecah akan menyisakan unsur sisi keramik yang tajam, lumayan tajam guna menggores kaki sampai terluka. Apa lagi bila kamu mempunyai anak (khususnya balita) yang memang paling rentan bakal terluka sebab retakan atau pecahan keramik tersebut.

Untuk itu, cara mengatasi keramik retak adalah dengan menggunakan perekat keramik superior “Superfix”! Superfix mampu merekatkan keramik jauh lebih kuat dari semen biasa. Berikut adalah cara penggunaannya :

  1. Bersihkan permukaan yang akan dilapisi. Bila permukaan kering, basahi dengan air hingga permukaan cukup lembab untuk menghindari penyerapan air yang berlebihan dari adukan bahan perekat keramik
  2. Tuangkan Superfix ke dalam air bersih, dengan perbandingan Superfix: Air = 5:1 kemudian aduk sampai rata hingga berbentuk pasta dan tidak ada lagi gumpalan. Superfix yang sudah dicampur hanya bisa digunakan 3 jam setelah pencampuran
  3. Aplikasikan pasta Superfix dengan scrape atau trowel yang bergerigi ke lantai atau dinding yang akan dilapisi keramik. Gunakan trowel dengan ukuran gigi 6x6 mm sampai dengan 10x10 mm. Setiap kali pelapisan, luas olesan pasta maksimal 1m². Hal tersebut untuk menghindari pasta mengering sebelum keramik ditempelkan.
  4. Tempelkan keramik pada lapisan Superfix maksimal 10 menit sejak dioleskan. Tekan secara perlahan, ketuk-ketuk keramik dengan palu karet agar pasta Superfix merata pada seluruh permukaan. Tebal lapisan yang didapat 2-3 mm. Setelah 24 jam bisa dilakukan pengisian nat dengan Supergrout.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!