Tips mengatasi kebocoran pada kamar mandi!

March 03 2021

Salah satu bagian rumah yang paling sering kita gunakan adalah kamar mandi. Tentunya di setiap kamar mandi terdapat area yang kerap kali basah seperti area shower, bak mandi atau bathtub. Untuk memberikan rasa nyaman setiap kali kita menggunakan kamar mandi, tentunya kita harus melapiskan dengan cat pelapis anti bocor di lantai maupun dinding kamar mandi, rajin membersihkan peralatan kamar mandi dan mengecek apabila ada kerusakan di dalamnya. Kerusakan yang sering ditemui di kamar mandi salah satunya adalah bocornya bak kamar mandi sehingga air yang ditampung seringkali merembes. Tentunya hal itu akan membuat ketidaknyamanan penghuni rumah. Oleh karena itu, Aquaproof akan memberikan tips melindungi kebocoran pada bak mandi! Langsung di simak ya!

1. Deteksi letak kebocoran bak mandi

Sebelum kita memperbaikinya, kita harus lebih dahulu mengetahui dimana letak kebocoran pada bak mandi. Caranya adalah dengan mengisi bak mandi keramik dengan air penuh. Jika habis tak bersisa, maka sudah dapat dipastikan kebocoran tersebut ada di dasar bak. Tapi jika masih tersisa walaupun hanya 0.5 cm maka kebocoran tersebut ada pada bagian dinding bak. Coba raba letak kebocoran bak mandi, fokuskan ke sisi dalam dari letak rembesan tersebut. Biasanya, terdapat nat (sela-sela keramik) yang lepas ataupun permukaan keramik yang retak maupun sedikit amblas. Dari sini dapat ditemukan dimana letak kebocorannya.

2.  Apabila letak kebocoran di dasar bak dan di bawah keramik, maka disarankan untuk membongkar keramik lama dan melapiskan komponen kedap air. Cara ini mungkin terlihat butuh proses panjang, namun hasilnya bak tidak akan kembali bocor terus-menerus

3. Setelah keramik dibongkar, keringkan bagian bak yang bocor, dan bersihkan sisa-sisa kotoran yang ada

4. Berikan lapisan primer dengan menggunakan campuran Super Cement + semen dengan perbandingan 1:1¼. Fungsi primer Super Cement adalah untuk mengikat sisa partikel kecil yang masih tertinggal dan meningkatkan daya lekat ke substrat

5. Lapiskan komponen kedap air yang cocok melindungi kebocoran termasuk pada bak yaitu Aquagard. Aquagard merupakan pelapis kedap air berbahan semen fleksibel yang terdiri dari dua komponen yaitu komponen bubuk dan komponen cair. Cara penggunaannya cukup campurkan Aquagard komponen bubuk (bagian A) dan komponen cair (bagian B) dengan perbandingan 3:1 dan aduk hingga rata hingga tidak ada gumpalan. 1 kg set Aquagard dapat digunakan untuk melapisi area seluas 0,75-1 m².

6. Lapisi dengan kuas atau rol. Biarkan dua jam kemudian ulangi lapisan kedua secara menyilang tanpa membasahi kembali permukaan.

Begitulah cara dan tips melindungi kebocoran pada bak mandi! Selamat mencoba ya!

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!