Punya kolam ikan di rumah? Simak tips ini agar kolam ikan tahan lama dan tidak mudah bocor!

February 04 2021

Bagi sebagian orang, kolam ikan adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari rumah. Pasalnya selain memberikan kesan alami pada suasana rumah, suara ikan yang bergerak dalam air dan gemericik air kolam yang mengalir juga membuat suasana rumah lebih nyaman.

Kolam ikan ada yang dibuat di dalam rumah, namun ada pula yang dibuat di luar rumah. Masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan dan lahan yang dimiliki. Tapi baik di dalam maupun di luar rumah, kolam ikan tetap bisa memberi sensasi nyaman dan sejuk di dalam rumah.

Nah bagi kamu yang tertarik untuk membuat dan merawat kolam ikan mu sendiri agar awet dan tahan lama, simak saja ulasannya berikut ini!

1. Pastikan tidak ada kebocoran di kolam ikan

Bocor membuat air merembes, sehingga air di dalam kolam akan menyusut dan menyisakan lumpur halus. Untuk itu cara membuat kolam ikan yang tahan lama dan anti bocor adalah menggunakan Aquagard sebagai lapisan waterproofing pada kolam ikan. Aquagard merupakan pelapis kedap air berbahan semen fleksibel yang terdiri 2 komponen. Aquagard dengan flexible cementitious technology tahan terhadap pergerakan mikro dan muai susut. Aquagard juga mempunyai sifat tidak beracun dan sangat kedap air bahkan di kondisi yang tergenang air sehingga sangat cocok digunakan pada kolam ikan maupun kolam renang yang rawan mengalami bocor. Pelapis kedap air berbahan semen seperti Aquagard tidak sulit untuk diaplikasikan, cukup mencampur komponen cair dan bubuk dengan perbandingan sesuai yang tertera di kemasan, aduk rata dan lapiskan menggunakan kuas atau roll. 4 kg set Aquagard dapat digunakan untuk melapisi 3-4 m².

2. Pastikan bahwa air di kolam rumah selalu bersih

Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat merawat kolam ikan outdoor adalah kondisi air kolam. Kolam outdoor sangat berkemungkinan untuk terkena debu dan kotoran yang terbawa angin. Pasalnya, ikan tidak akan hidup tenang jika berada di dalam air yang kotor. Akibatnya, ikan-ikan bisa jadi cepat mati jika habitat tempat tinggalnya tidak dirawat dengan baik.

3. Perhatikan soal sirkulasi udaranya

Saat memelihara ikan, khususnya ikan koi, sirkulasi udara adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Kolam memiliki sirkulasi udara yang baik apabila ada air yang mengalir atau air mancur. Adanya kedua hal itu akan membuat ikan-ikan bergerak dan berenang dengan aktif. Dengan begitu, ikan-ikan pun cenderung sehat dan bisa bertahan hidup lebih lama.

4. Rutin mengganti air kolam

Kebersihan dan kesehatan habitat adalah hal yang wajib dimengerti ketika ingin memiliki kolam outdoor. Meskipun terlihat jernih, tetap saja kolam harus dikuras dan dibersihkan dalam jangka waktu yang rutin. Misalnya, kamu bisa menggunakan cara membuang 3/4 air yang ada dalam kolam yang kotor dan mengisinya kembali dengan air bersih. Air yang kotor wajib diganti dengan air yang bersih sehingga kotoran ikan atau endapan sisa-sisa makanan tidak akan mengganggu ikan.

 5. Bersihkan pula pompa airnya

Di dalam kolam outdoor mungkin sengaja dipasang pompa air, filter, atau sirkulasi udara. Nah, ketiga hal inilah yang harus baik-baik diperhatikan. Jangan sampai kerja mesin pompa justru terganggu karena banyaknya kotoran yang menempel. Jangan lupa pula untuk rutin memeriksa kinerja mesin pompa dan kebersihannya terutama saat pergantian air kolam.

Itu dia tips kolam ikan mu agar tahan lama dan tidak mudah bocor, semoga tips ini bermanfaat ya!

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!