Kenali 3 tanda rembesan di rumah saat musim hujan!

February 02 2021

Memasuki musim hujan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah adanya air rembesan hujan di rumah. Apalagi selama masa pandemi COVID-19, sebagian besar orang menjalankan hampir semua aktivitasnya di rumah, sehingga kondisi rumah pun sebaiknya terjaga dengan baik. Bila ada rembesan atau bocor akibat hujan, tentu hal ini menimbulkan rasa kurang nyaman, tidak aman atau was-was.

Keretakan kecil yang terjadi di rumah bisa berakibat rembes hingga bocor, dan bila dibiarkan akan menimbulkan masalah yang lebih besar, seperti adanya pertumbuhan jamur akibat kondisi rumah yang lembab.

Berikut adalah 3 tanda rembesan di rumah saat musim hujan:

1. Adanya retakan

Retakan biasanya dimulai dari celah yang terbelah sekitar seukuran helai rambut, Retakan ini pun kemudian dapat melebar hingga kemana-mana bila dibiarkan lama-kelamaan.

2. Muncul blister atau gelembung-gelembung udara

Blister biasanya ada di bawah lapisan cat dan kondisi ini dapat menyebabkan lapisan cat mengelupas.

 3. Bagian yang dicat berubah warna

 Kondisi ini ditandai noda warna kuning di dinding dalam rumah atau di plafon. Bila dibiarkan dalam jangka panjang, maka akan diikuti pertumbuhan jamur dan lumut.

Untuk mengatasi hal-hal diatas, berikut beberapa tips untuk melindungi dinding rumah dari rembes:

  1. Melakukan pengecekan, apakah dinding rumah rembes karena poin-poin yang disebutkan di atas, atau adanya titik bocor dan rembesnya tidak terlihat karena satu dinding dengan rumah tetangga. Selain itu, bocor di rumah bisa berasal dari sudut atap beton akibat genangan air.
  2. Setelah memeriksa sumber rembes dan bocor, pemilik rumah dapat melapisinya dengan cat pelapis anti bocor Aquaproof.

Aquaproof sebagai pelopor cat pelapis anti bocor di Indonesia, sudah terbukti melindungi lebih dari 35 tahun. Kini Aquaproof cat pelapis anti bocor dan anti rembes tersedia dalam berbagai varian warna mulai dari warna gelap hingga terang, yang tetap berfungsi optimal sebagai solusi dinding rembes dan bisa diaplikasikan pada berbagai bagian rumah yang terpapar langsung dengan air seperti pada dinding luar rumah, dak beton, wuwungan, atau atap asbes. Untuk menggunakan Aquaproof cat pelapis anti bocor dan anti rembes, pengguna pun hanya membutuhkan kuas, roll maupun airless spray untuk bidang yang luas.

Keunggulan lain dari Aquaproof adalah daya lekat kuat, bersifat thixotropic sangat mudah diaplikasikan namun tidak menetes, elastis, anti leleh, kedap air, anti retak dan tahan lama.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!