Cara Memasang Keramik Baru Tanpa Membongkar Keramik Lama (Tile on Tile)

June 13 2022

Apakah Anda ingin melepas keramik lantai yang sudah ada sekarang dan ingin mengganti keramik yang baru tanpa membongkar keramik lama?

Sebelum kita mulai membahas cara memasang keramik tanpa membongkar keramik lama, sebaiknya kita sedikit mencari tahu tentang manfaat keramik. Keramik memang sudah menjadi bagian penting yang merupakan material yang dapat menutupi lantai maupun dinding dan bisa menambah keindahan ruangan serta memiliki estetika tersendiri karena memiliki beragam warna serta motif yang tersedia. Untuk mendapatkan keramik pun cukup terjangkau, keramik juga mudah dalam perawatannya dan tentu saja mudah dibersihkan dan awet. 

alt_text

Dalam pemasangan keramik memang terbilang mudah tetapi dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam pemasangan sehingga bisa mendapatkan hasil yang presisi dan sesuai dengan yang diinginkan. Apabila belum terlalu ahli dalam pemasangan keramik, Anda dapat menyerahkan pekerjaan ini pada tenaga yang ahli seperti tukang. Kesalahan pemasangan keramik walaupun hanya sekeping dapat merembet ke sisi lainnya sehingga terjadi keramik yang tidak rata, miring hingga pecahnya keramik di sekitarnya.

Untuk memasang keramik baru pada lantai rumah yang sudah terpasang keramik sebelumnya sangat memungkinkan terutama pada kejadian keramik sebelumnya mengalami kerusakan, kusam, pecah, tergores maupun terkikis. Pengerjaan keramik di atas keramik akan membuat pekerjaan lebih praktis karena tidak perlu membongkar keramik lama satu per satu dan waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat. Berikut ini adalah cara memasang keramik baru tanpa membongkar keramik lama (tile on tile):

1. Pastikan Bidang Rata

Langkah awal cara memasang keramik baru tanpa membongkar keramik lama adalah memastikan bidang yang diaplikasikan sudah rata. Apabila keramik lama Anda bergelombang, maka Anda dapat menggunakan alat bantu seperti benang agar hasil pemasangan keramik baru lebih sempurna.

2. Siapkan Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Langkah berikutnya siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan seperti roskam bergerigi, palu karet, tile spacer dan produk berkualitas Superfix dan Supergrout A+. Superfix diperlukan untuk merekatkan keramik baru Anda dan produk tersebut memiliki daya rekat yang jauh lebih kuat dibandingkan semen instan lainnya sehingga keramik akan bertahan lama baik pada lantai maupun bidang vertikal seperti dinding dengan lapisan tipis 2-3 mm. Untuk pengisian nat, gunakan Supergrout A+ yang sudah memiliki kemampuan tidak mudah terkikis dan tidak mudah retak. Kombinasi kedua produk ini akan menjadi solusi ubin yang efektif untuk melakukan tile on tile baik di dalam ruangan maupun luar ruangan, pada area kering maupun area basah dan tergenang air.

Peralatan dan bahan yang mendukung akan membuat hasil pemasangan keramik Anda menjadi lebih maksimal. Selain itu jangan lupa untuk mengukur luas area yang akan dipasang keramik baru sehingga Anda dapat menghitung kebutuhan produk perekat keramik dan pengisi nat.

3. Aplikasikan Perekat Keramik dan Pengisi Nat dengan Tepat

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu mengenai aplikasi produk. Sebelum mengaplikasikannya, sebaiknya baca dulu petunjuk yang ada pada kemasan terutama perbandingan komposisi produk dengan campuran air serta waktu pengeringan. 

Cara Merekatkan Keramik Menggunakan Superfix

  1. Bersihkan permukaan yang akan dilapisi dari lumut, jamur, minyak dan kotoran lain. 
  2. Tuangkan Superfix ke dalam air bersih dengan perbandingan Superfix : Air = 5 : 1 (berat) kemudian aduk sampai rata hingga berbentuk pasta dan tidak ada lagi gumpalan. Superfix yang sudah dicampur hanya bisa digunakan 3 jam setelah pencampuran.
  3. Oleskan pasta Superfix dengan scrape atau trowel yang bergerigi ke lantai atau dinding yang akan dilapisi keramik baru. Gunakan trowel dengan ukuran gigi 6 x 6 mm sampai dengan 10 x 10 mm. Setiap kali pelapisan, luas olesan pasta maksimal 1 m2. Hal tersebut untuk menghindari pasta mengering sebelum keramik ditempelkan.
  4. Tempelkan keramik pada lapisan Superfix maksimal 10 menit sejak dioleskan. Tekan secara perlahan. Ketuk-ketuk keramik dengan palu karet agar pasta Superfix merata pada seluruh permukaan. Tebal lapisan yang didapat ± 2-3 mm. Setelah 24 jam, bisa dilakukan pengisian nat dengan Supergrout A+. 

alt_text

BACA JUGA : Tips Cara Menentukan Titik Awal Pasang Keramik Lantai

Cara Mengisi Nat Keramik Supergrout A+

  1. Bersihkan nat dari sisa semen
  2. Aduk Supergrout A+ dengan air (Supergrout A+ : Air = 3:1) hingga merata
  3. Tuang adukan Supergrout A+ ke atas nat, paksakan Supergrout A+ masuk ke dalam nat menggunakan roskam karet
  4. Bersihkan sisa Supergrout A+ dengan menggunakan lap basah
  5. Rapihkan dengan menggunakan grout finisher

alt_text

 


 

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!