Perhatikan 5 hal ini sebelum memasang keramik kamar mandi!

March 28 2021

Dengan keadaan yang cenderung lebih lembab dan basah dibandingkan ruangan lain di rumah, material-material yang digunakan untuk membangun kamar mandi perlu disesuaikan agar tahan dengan kondisi tersebut.

Salah satunya adalah lantai kamar mandi berbahan keramik. Teksturnya yang keras dan tidak bisa lapuk membuat keramik menjadi material yang ideal untuk dipasang di kamar mandi, baik di lantai maupun dinding. Celah-celah antar keramik atau yang biasa disebut nat juga tidak dapat diabaikan, kamu harus memastikan bahwa memilih pengisi nat keramik serbaguna yang melekat kuat.

Proses pemasangan keramik sebenarnya tidak sulit dan sangat bisa dilakukan sendiri. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang lantai kamar mandi.

Simak lima kiat yang bisa dilihat dan dipraktekkan saat kamu ingin memasang keramik lantai kamar mandi:

1. Menentukan Titik Awal Pemasangan (Start Point)

Menentukan titik dan posisi awal untuk memasang keramik adalah hal yang krusial. Oleh karena itu, sebelum memasang keramik, kamar mandi perlu diukur luas lantainya. Setelah mengetahui luas kamar mandi, tentukan ukuran ubin yang sesuai dan arah buangan potongan ubin, supaya pemasangan keramik bisa rata dan keramik tampak estetik.

2. Memilih Jenis Keramik yang Paling Tepat

Keramik sendiri terdiri dari berbagai jenis dengan karakteristik yang mirip, tapi tetap berbeda. Keramik konvensional yang terbuat dari tanah liat lebih ringan dan lebih mudah dipotong dibandingkan ubin yang terbuat dari porselen. Ada juga bebatuan alam yang memberikan kesan yang lebih elegan dan dramatis, tetapi perlu mendapatkan perawatan ekstra dibandingkan keramik biasa. Apapun jenis keramiknya gunakan Superfix yang mampu merekatkan keramik jauh lebih kuat.

3. Merendam Keramik Sebelum Dipasang

Sebelum memasang keramik, satu trik yang berguna untuk memastikan kemudahan dalam proses pemasangan adalah dengan merendam keramik dalam air. Pori-pori keramik akan menyerap air dan membuatnya lebih mudah saat dipasang.

4. Gunakan Supergrout sebagai pengisi nat keramik berkualitas

Pemakaian Supergrout yang berteknologi Polymerized Grout akan menghasilkan nat keramik yang berdaya lekat kuat, tahan lama, tahan jamur dan lumut, tidak retak, tidak menyusut, juga tersedia berbagai jenis warna yang bisa kamu padu padankan dengan jenis keramik pilihanmu.

5. Menyesuaikan Lantai dengan Dinding Kamar Mandi

Untuk keramik yang bersinggungan dengan dinding, perlu ada penyesuaian yang dilakukan supaya keramik bisa dipasang dalam posisi yang pas dan tidak menekan dinding atau sebaliknya. Potongan keramik di bagian pinggir pertemuan lantai dengan dinding juga harus diukur terlebih dahulu dan dibuat lebih presisi.

Jadi sudah tahu kan hal hal yang harus diperhatikan ketika memasang keramik kamar mandi? Gunakan selalu Supergrout sebagai pengisi nat keramik serbaguna dan jangan lupa gunakan cat pelapis anti bocor yang cocok seperti Aquagard untuk lantai dan dinding kamar mandi agar terhindar dari kebocoran!

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!