Yang hobi mengoleksi ikan wajib tahu! Tips mengatasi bocor dan rembes pada kolam ikan!

December 21 2020

Keberadaan kolam ikan di rumah selain bisa memanjakan mata penghuni rumah, juga bisa membuat suasana menjadi segar dan membuat rileks pikiran. Namun ada satu masalah yang mengganggu pemilik kolam ikan, yaitu masalah kebocoran. Kolam bocor tidak hanya membuat taman tergenang, tetapi dapat mengganggu kehidupan ikan di dalam kolam. Lalu bagaimana cara memeriksa dan mengatasi kolam bocor? Daripada bingung, simak tipsnya di bawah ini yuk!

  1. Pindahkan ikan yang ada di dalam kolam, lalu isi kolam dengan air hingga penuh.
  2. Matikan pompa air, lalu diamkan kolam hingga beberapa jam.
  3. Lalu perhatikan ketinggian air yang tersisa karena menunjukkan dimana titik kebocoran berada.
  4. Telusuri dinding dan bagian dasar kolam, kemudian cari dimana retakan atau sumber kebocoran pada kolam.
  5. Jika sudah ketemu, berikan waterproof berbahan semen fleksibel yaitu Aquagard sebagai pelapis anti bocor pada kolam ikan dengan cara mengoleskan dengan kuas atau rol pada permukaan yang ingin dilapisi. 
  6. Biarkan dua jam kemudian, lalu ulangi lapisan kedua, diusahakan secara menyilang dari lapisan pertama tanpa membasahi kembali permukaan. Tetapi sangat disarankan untuk melapisi seluruh permukaan kolam dengan Aquagard. Jika ada ubin , terlebih dahulu ubin tersebut diangkat sehingga terlihat substrat semen.

Aquagard merupakan produk dari Aquaproof yang mempunyai sifat kedap air, bahkan kondisi tergenang seperti kolam ikan. Dengan Flexible Cementitious Technology membuat Aquagard tahan terhadap pergerakan mikro dan muai susut karena faktor cuaca ekstrim. Aplikasi Aquagard Waterproof sebagai pelapis anti bocor pada kolam ikan dapat bertahan dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun sehingga kuat dan tahan lama.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!