Ini Dia Tips Efektif Mencegah Nat Keramik Terkikis

June 24 2022

Lantai termasuk bagian penting di dalam maupun di luar rumah, seluruh anggota keluarga bisa menikmati kenyamanan serta bisa melakukan berbagai aktivitas di lantai yang dipijak di rumah. 

alt_text

Seiring waktu, lantai juga bisa rusak terutama pada bagian nat (celah antar keramik), yang lebih rawan mengalami masalah terkikis, retak, hingga berlubang sehingga harus diperbaiki agar tidak semakin rusak, dan menjadi kotor menyimpan debu atau menjadi sarang binatang kecil.

Cara Mencegah Nat Keramik Terkikis dan Rusak

Untuk mengatasi masalah terkikisnya nat keramik atau rusaknya nat keramik sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit. Namun, tetap masih lebih baik untuk mencegah daripada memperbaiki bukan? Untuk itu sebelum nat keramik terkikis dan terjadinya kerusakan pada keramik di lantai maupun di dinding, sebaiknya lakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Membedakan Nat Keramik Sesuai Fungsi Ruangan

Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengetahui perbedaan jenis semen yang digunakan. Untuk lantai keramik area basah dan juga kering seharusnya beda. Agar lebih praktis dan mendapatkan ubin yang tahan lama dan terlindungi, sebaiknya gunakan solusi ubin dari Aquaproof yaitu menggunakan Superfix sebagai pengganti adukan semen instan untuk merekatkan keramik jauh lebih kuat. Dan gunakan Supergrout A+ sebagai pengisi nat keramik yang memiliki daya rekat yang kuat, tahan asam dan bahan kimiawi lainnya sehingga nat tidak mudah terkikis dan tidak retak.

Penggunaan Supergrout A+ terutama pada area kamar mandi, dapur, kolam renang yang biasanya sering dibersihkan dengan cairan pembersih yang mengandung asam klorida (HCl) tinggi untuk membersihkan kerak tidak perlu diragukan lagi, karena Supergrout A+ telah melalui pengujian ekstrem direndam 1 jam dengan cairan pembersih mengandung HCl 20%. Hasilnya kondisi nat Supergrout A+ menunjukkan masih sangat baik, pengisi nat tahan asam merk lain mengalami reaksi ditandai dengan perubahan warna menjadi hijau pada bagian yang terendam dan pengisi nat biasa mengalami pengikisan.

alt_text

2. Membersihkan Keramik 

Selain menyesuaikan pengisi nat sesuai fungsi ruangan, Anda juga harus membersihkan ubin dan nat secara rutin. Anda bisa menggunakan bahan kimia dan cairan pembersih yang ada di pasaran seperti cairan pembersih untuk pel, baking soda, cuka dan lainnya untuk membersihkan keramik. Jangan khawatir terkikis karena penggunaan Supergrout A+ merupakan pengisi nat keramik yang tahan asam dan kimiawi lainnya sehingga melekat kuat dan tidak mudah terkikis.

Keunggulan Supergrout A+

  • Tahan asam & kimiawi lainnya
  • Daya lekat kuat
  • Tidak mudah terkikis
  • Warna tahan lama
  • Mudah dibersihkan
  • Tahan jamur dan lumut
  • Tidak retak & tidak menyusut
  • Tersedia berbagai warna menarik

alt_text

Cara Penggunaan Pengisi Nat Keramik Supergrout A+

1. Bersihkan nat dari sisa semen hingga benar - benar bersih dan siapkan Supergrout A+ pengisi nat keramik yang melekat kuat dan tidak mudah terkikis; sesuai warna pilihan yang telah dicocokkan dengan warna ubin

2. Aduk Supergrout A+ dengan air (Supergrout A+ : Air = 3:1) hingga merata

3. Tuang adukan Supergrout A+ ke atas nat, paksakan Supergrout A+ masuk ke dalam nat menggunakan roskam karet

4. Bersihkan sisa Supergrout A+ dengan menggunakan lap basah

5. Rapihkan dengan menggunakan grout finisher

BACA JUGA: Tips Jitu Waterproofing Kamar Mandi Lantai Atas

Spesifikasi Supergrout A+

  • Bahan dasar : Semen dan polimer sintetis bermutu tinggi
  • Berat jenis : 1 ± 0,5 g/cm³   
  • Kering awal : 2 jam
  • Kering sempurna : 6 jam
  • Daya Sebar 1 kg Supergrout A+:

- Ukuran keramik 10 x 20cm, lebar Nat 2mm, daya sebar 3 meter persegi

- Ukuran keramik 20 x 20cm, lebar Nat 2mm, daya sebar 4 meter persegi

- Ukuran keramik 30 x 30cm, lebar Nat 2mm, daya sebar 6 meter persegi

- Ukuran keramik 40 x 40cm, lebar Nat 2mm, daya sebar 8 meter persegi

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!