Fungsi Cat Dasar Tembok yang Sering diabaikan

September 17 2021

Cat tembok adalah salah satu pilihan yang paling populer untuk finishing dinding rumah Anda. Ada banyak variasi warna dalam mengaplikasikan cat tembok yang tentunya dapat memperindah rumah. Meskipun cara mengaplikasikan cat tembok cukup mudah, Anda juga perlu memperhatikan cara melakukan finishing cat tembok hingga bisa mendapatkan hasil yang sempurna dan bisa bertahan lama pada permukaan tembok.

alt_text

Pengaplikasian cat dasar tembok sangat penting untuk memastikan apakah cat tembok yang Anda gunakan bisa bertahan lama atau tidak, dan juga apakah cat tembok tersebut bisa memberikan warna yang baik. Bagi Anda yang belum tahu apa itu cat tembok dasar dan apa fungsinya untuk melakukan finishing pada tembok atau dinding rumah Anda mari kita simak lebih lanjut.

alt_text

1. Cat Dasar Tembok Berfungsi Menambah Daya Tahan Terhadap Garam dan Sebagai Anti Alkali

Fungsi utama dari cat tembok dasar adalah mencegah terjadinya kontaminasi dari zat - zat alkali yang dapat merusak penampilan akhir dari tembok rumah Anda. Zat alkali atau efflorescence biasanya berada di dalam material bangunan seperti pada semen dan juga terdapat pada batu bata, sehingga proses pelapisan menggunakan cat tembok dasar juga bisa berfungsi untuk mencegah masuknya zat - zat alkali tersebut yang juga dapat merusak warna cat tembok rumah Anda.

Zat alkali juga memiliki dampak buruk lainnya, apabila tidak dilapisi dengan cat tembok dasar akan terjadi pengapuran pada dinding rumah Anda yang tentunya dapat membuat ruangan rumah Anda menjadi kotor dan bisa juga membahayakan kesehatan.

2. Cat Dasar Tembok Dapat Menambah Daya Rekat Tembok Lebih Kuat

Cat dasar tembok juga memiliki manfaat yang penting sebelum melakukan finishing yang berfungsi untuk memberi daya rekat yang baik agar hasil cat tembok Anda tidak mudah terkelupas pada cuaca apapun baik itu panas maupun musim hujan. Untuk itu Anda wajib memilih cat dasar tembok yang berkualitas seperti Super Cement yang berfungsi menutup retak rambut, mengangkat sisa debu, dan juga dapat meningkatkan daya rekat ke substrat. Super Cement juga bisa digunakan pada dinding outdoor dan bisa digunakan sebagai rangkaian solusi dinding rembes atau pada tembok yang lembab.

3. Cat Tembok Dasar Dapat Menutupi Pori - Pori dan Membuat Permukaan Menjadi Lebih Halus dan Lebih Rata

Apabila tembok Anda belum difinishing, cenderung akan terdapat banyak pori - pori yang terlihat tidak rata dan tidak sempurna. Menggunakan cat dasar tembok super cement sangat efektif untuk menutupi retak rambut atau pori - pori sehingga pada hasil akhir proses pengecatan tembok akan tampak lebih rata dan lebih halus.

BACA JUGA : Jenis Cat Primer Tembok dan Kapan Harus Menggunakannya

4. Cat Tembok Dasar Membantu Menghasilkan Warna Cat Tembok Lebih Sempurna

Dinding rumah Anda yang belum di finishing tentunya akan mengikuti warna material bangunan Anda. Tanpa menggunakan cat tembok dasar, cat tidak dapat diaplikasikan dan tidak dapat menghasilkan cat yang sempurna karena masih terpengaruh oleh material dinding, Ada banyak orang yang melakukan pelapisan berkali - kali menggunakan warna cat yang sama, padahal akan lebih mudah diatasi menggunakan cat tembok dasar lebih dahulu.

Cat tembok dasar umumnya memiliki warna yang netral yang sudah diformulasikan agar warna dinding akhir menjadi lebih sempurna tanpa melakukan pelapisan berulang - ulang. Tentunya menggunakan cat tembok dasar membuat proses pembangunan akan lebih hemat.

5. Cat Tembok Dasar Memberikan Perlindungan Lebih Pada Tembok Rumah Anda

Cat tembok dasar juga dilengkapi oleh zat untuk perlindungan ekstra dari berbagai masalah seperti jamur, lumut hingga kebocoran pada dinding karena rembesan air hujan. Untuk itu menggunakan cat tembok dasar Super Cement akan membuat cat tembok rumah Anda menjadi lebih awet dan Anda tidak perlu khawatir lagi karena hasilnya akan lebih tahan lama untuk jangka waktu yang panjang.

Penggunaan Cat Tembok Dasar atau Primer Super Cement

Super Cement merupakan salah produk dari Aquaproof yang berbentuk cairan berwarna putih susu. Dengan Bond Booster Technology, Super Cement akan meningkatkan daya lekat cat ke substrat. Adapun tahap penggunaan Super Cement sebagai primer adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan Super Cement dengan semen dengan perbandingan volume 1:1,25
  2. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan
  3. Aplikasikan campuran primer Super Cement + semen tersebut menggunakan kuas atau roll
  4. Aplikasinya cukup 1 lapis dan tunggu hingga kering untuk dilanjutkan proses pengecatan selanjutnya

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!