Kamar mandi mudah rembes dan bocor? Coba cara ini untuk mengatasinya!

January 08 2021

Kali ini kita uraikan tentang cara membuat kamar mandi tidak bocor dan rembes ke bawah sehingga berpotensi merusak bangunan serta instalasi listrik yang ada. Kebocoran ini bisa disebabkan karena faktor kesalahan saat membuat kamar mandi atas, salahnya yaitu tidak melapisi lantai dengan waterproofing anti bocor seperti Aquagard terlebih dahulu sebelum memasang keramik lantai, atau bisa jadi sudah dipasang namun terjadi kerusakan waterproofing di kemudian hari.

Solusi untuk menghilangkan bocor pada kamar mandi lantai atas

  1. Bersihkan permukaan yang akan dilapisi dari lumut, jamur, minyak, lapisan cat yang mulai rontok dan kotoran-kotoran lainnya.
  2. Permukaan di primer terlebih dahulu dengan campuran SuperCement + semen dengan perbandingan 1:1,25
  3. Tuang Aquagard komponen cair (bagian B) ke dalam wadah, tambahkan Aquagard komponen bubuk  (bagian A). Aduk hingga rata sampai berbentuk pasta halus dan tidak ada gumpalan.
  4. Lapiskan dengan kuas atau rol. Biarkan 2 jam kemudian ulangi lapisan kedua secara menyilang tanpa membasahi kembali permukaan.
  5. Setelah lapisan kedap air kering, bidang siap untuk dipasang keramik. Ganti adukan semen pasir dengan Superfix yang berteknologi “Thin Set”. Cukup lapiskan 2-3 mm, Superfix mampu merekatkan keramik jauh lebih kuat baik di dinding maupun di lantai. Gunakan Supergrout sebagai nat keramik yang bermutu tinggi dan cocok untuk area kering dan basah.

Demikian solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebocoran pada kamar mandi di lantai atas, entah itu lantai 2,3,4 dan seterusnya, semoga bermanfaat

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!