Rahasia cat lebih tahan lama dan tidak mudah mengelupas!

January 12 2021

Apakah kamu pernah melihat atau mengalami cat dinding luar rumah mengalami pengelupasan? Nyatanya cat dinding luar rumah memang bisa lebih cepat mengalami kerusakan dikarenakan paparan sinar matahari dan guyuran air hujan sehingga warnanya cepat memudar bahkan cat lebih mudah mengelupas. Bahkan perubahan iklim juga bisa membuat munculnya jamur di tembok rumah karena suhu yang lembab atau basah.

Karena itu cat dinding pada bagian luar rumah juga perlu dirawat agar penampilannya selalu sedap dipandang mata. Nah, agar warna cat dinding bagian luar rumah kamu tahan lama dan tidak mudah mengelupas simak tips berikut ini yuk!

1. Bersihkan Dinding yang Hendak Dicat

Untuk yang sudah membangun rumah, sebelum mulai mengecat, pastikan dinding dalam keadaan bersih dari jamur dan lumut, tidak ada noda atau debu tebal yang menempel. Adanya kotoran dapat membuat cat tidak menempel dengan sempurna hingga rawan mengelupas atau membuat hasil cat menggelembung.

2. Primer Waterproofing

Sebelum mengecat, mengganti cat atau memperbaiki cat lama, gunakan SuperCement untuk campuran primer. Caranya campur SuperCement dengan semen dengan perbandingan volume 1:1,25 lalu aduk hingga rata. Lakukan proses primer menggunakan kuas atau rol dan lapiskan Waterproofing seperti biasa. Keunggulan memakai primer SuperCement ini adalah untuk menutup retak halus, mengikat sisa debu & kotoran, serta meningkatkan daya lekat cat pelapis anti bocor dengan substrat.

3. Gunakan Peningkat Kualitas Cat Tembok

Cat khusus eksterior biasanya sudah diformulasikan untuk mengecat dinding bagian luar. Namun, untuk lebih memperkuat daya tahan cat gunakan SuperCement untuk meningkatkan kualitas cat tembok. Keunggulan dari pencampuran SuperCement dan cat tembok adalah daya lekat kuat terhadap substrat, tidak mengepur serta warna semakin kontras dan tidak mudah luntur.

4. Mengecat Dinding di Saat Cuaca Cerah

Pemilihan waktu pengecatan juga penting. Mengecat rumah di saat cuaca cerah pastinya dapat membantu proses pengeringan cat lebih sempurna. Bila mengecat di saat musim hujan maka lapisannya akan mudah rusak karena kondisi dinding lebih lembab dan bisa saja dinding beserta cat baru terkena percikan air hujan. Jadi jangan lupa perhatikan kondisi dinding rumah sebelum mulai di cat, dinding yang memiliki permukaan lembab atau basah bisa membuat cat tidak terserap dengan sempurna.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!