Tahapan dan Cara Membuat Acian Dinding yang Baik

August 20 2021

Proses acian adalah proses melakukan finishing setelah melakukan plesteran. Melakukan acian adalah cara yang sangat efektif untuk untuk bisa menutup pori - pori pada plesteran dan untuk menghaluskan pada bagian permukaan agar plesteran terlihat rapi.

alt_text

Pada bagian dinding yang diaci tentu akan menjadi halus dan siap melakukan proses pengecatan. Dengan melakukan pengacian dinding rumah Anda akan terlindung dan tidak mudah mengalami terjadi rembesan akibat hujan. Untuk tahap-tahapnya ada hal yang harus Anda perhatikan.

Tahap Acian Pada Dinding

Pada bagian proses ini, sebaiknya dilakukan sesuai tahapnya dengan benar. Berikut ini adalah tahapan yang harus Anda lakukan dengan benar agar hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan.

1. Persiapan Proses Acian Dinding

Pada proses ini sebaiknya sudah mulai dikerjakan dari awal saat Anda mendirikan rumah. Untuk memiliki dinding yang berkualitas tentunya Anda perlu memilih bahan atau material yang juga berkualitas.

Untuk memilih material tentunya harus memilih batu bata, semen dan juga air untuk digunakan membangun dinding rumah Anda. Jika Anda ingin mendapatkan hasil acian yang bagus dan berkualitas sebaiknya menunggu beberapa hari setelah plesteran. Untuk acian Anda bisa menggunakan produk Hydrostop dari Aquaproof yang sudah diformulasikan secara khusus bukan seperti acian biasa, namun acian kedap air yang siap melindungi dinding rumah Anda dan mengatasi kelembaban.

Apabila dinding Anda sudah diplester dan sudah jadi, diperlukan waktu untuk menunggu dan mendiamkan beberapa hari sampai dinding sudan benar - benar kering.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Dinding Tembok Retak Dengan Produk Aquaproof

Setelah semua sudah benar - benar kering basahi plesteran yang sudah kering dengan air yang tujuannya supaya plesteran tidak banyak menyerap air dari hasil acian yang diaplikasikan ke dinding.

Jika plesteran sudah menyerap air yang berlebih, akan membuat acian menjadi tidak dapat menempel dengan sempurna yang mengakibatkan terjadinya keretakan ketika sudah kering. Apabila acian cepat kering maka hasil acian akan menjadi lunak dan akan mudah berdebu pada bagian permukaannya.

Cara Teknis Campuran Acian

Cara membuat campuran acian dinding:

  1. Adukan acian yang sudah dicampurkan antara Hydrostop dan juga air dengan acuan 20 kg Hydrostop untuk dicampur dengan 6-7 liter air atau hingga kekentalan yang diinginkan
  2. Siapkan ember dan masukkan air.
  3. Masukkan bubuk Hydrostop perlahan - lahan.
  4. Aduk rata hingga menjadi pasta
  5. Apabila semen masih padat, Anda bisa menambahkan sedikit air untuk bisa mengencerkan, dan sebaiknya apabila sudah terlalu cair, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk Hydrostop menurut takaran hingga kekentalan yang diinginkan.
  6. Aplikasikan acian Hydrostop, ambil sedikit hasil adukan dan aplikasikan langsung di dinding berplester dengan menggunakan roskam yang sudah diberi adukan acian, selanjutnya tempelkan ke dinding dengan cara menggosok - gosokan ke dinding Anda seperti proses acian pada umumnya. Sebarkan acian hingga menutupi semua bagian pori - pori plesteran secara merata.
  7. Terus ulangi sampai seluruh dinding yang akan diaci tertutupi sempurna.

Teknis Cara Acian Dinding Terbaik

Jika plesteran Anda banyak terdapat lubang, sebaiknya sebelum melakukan pengacian, tutup lubang menggunakan pasta semen.

Untuk ukuran tebal dari acian yang pas adalah 1 hingga 2 mm, apabila kurang dari ukuran 1mm Anda perlu menambah lapisannya hingga 1mm sebelum acian menjadi kering.

Tips Cara Membuat Adukan Acian

Untuk perbandingan adukan acian sebaiknya menggunakan perbandingan 3:1 antara bubuk Hydrostop dan air. Anda juga bisa mengubah komposisi sesuai dengan jenis proyek yang anda lakukan. Untuk dinding kamar mandi Anda bisa mengurangi untuk bisa meningkatkan daya tahan lapisan dari plester agar tidak terjadi kebocoran dengan mudah.

Cara Mengaci Praktis Dengan Hydrostop

Anda bisa menggunakan Hydrostop tanpa membutuhkan bahan material lain. Semen jenis ini memang sangat praktis digunakan. Caranya adalah Anda hanya cukup menambahkan air secukupnya. Jenis acian ini pada umumnya sangat cocok dan banyak digunakan untuk membuat dinding batu bata, acian, dan plester.

Proses pembuatan semen ini biasanya dikerjakan oleh pabrik dengan kualitas dan pengawasan yang sangat tinggi sehingga menghasilkan kualitas yang baik. Untuk itu kami menyarankan menggunakan produk berkualitas dari Aquaproof yaitu semen acian kedap air Hydrostop.

Hydrostop dengan Polycrystalline Technology akan bekerja membentuk polycrytallite sehingga pori-pori akan tertutup dan rembesan akan berhenti. Hydrostop juga dapat menahan air dari sisi positif (langsung kontak dengan air) atau sisi negatif (tidak langsung kontak dengan air) tanpa menyebabkan gelembung pada dinding (blister. Penggunaan Hydrostop sebagai acian juga akan memperpanjang usia bangunan dan menyebabkan bangunan tidak mudah lapuk.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!