Tips memperbaiki dinding rembes akibat cuaca extreme!

January 04 2021

Pernahkah kamu melihat atau mungkin mengalami sendiri, dinding rumah yang terlihat lembab, berjamur atau seperti ada noda akibat rembesan air? Rembesan air pada dinding rumah biasanya terjadi pada cuaca extreme di musim hujan, karena pada musim tersebut curah hujan yang tinggi, frekuensi dinding rumah terpapar oleh air hujan yang cukup lama juga karena dinding yang belum menggunakan cat pelapis anti bocor.

Rembesan air juga umumnya ditemui pada dinding yang berbatasan dengan toilet. Akibat yang ditimbulkan oleh rembesan air pada dinding ini juga lumayan buruk, beberapa diantaranya adalah:

  • Bercak-bercak seperti jamur yang muncul pada dinding rumah (interior dan eksterior)
  • Penggelembungan (blister) dan pengelupasan cat
  • Ruangan akan menjadi lebih lembab
  • Munculnya bau tak sedap, terutama didalam ruangan.
  • dsb

Untuk mengatasi rembesan air pada dinding rumah, tentunya harus diketahui dulu apa penyebab rembesannya. Umumnya rembesan air pada dinding diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Plesteran dinding luar tidak bersifat waterproof (tahan air) dan anti seepage (tahan lembab), sehingga air (utamanya air hujan) dapat dengan mudah merembes dan menembus masuk ke dalam dinding. Akibatnya akan muncul bercak-bercak noda pada dinding, dan biasanya pada bagian interior cat akan menggelembung karena air yang terperangkap diantara cat dan bidang dinding.
  • Akibat adanya keretakan pada dinding, keretakan ini bisa terjadi pada dinding rumah bagian luar (eksterior) dan dinding bagian dalam (interior).
  • Dinding luar (eksterior) terpapar air hujan secara terus menerus atau bisa terjadi pada dinding bagian dalam yang berbatas dengan kamar mandi. Solusi

Untuk mengatasi rembesan air pada dinding rumah, gunakan Aquaproof sebagai cat pelapis anti bocor untuk cuaca extreme! Aquaproof terbukti melindungi dinding rumah yang rembes karena cat ini berbahan dasar polimer sintetis yang dirancang untuk melapisi atap dan dinding bagian luar yang membutuhkan pelapis anti bocor yang handal serta dekoratif. Cara penggunaan :

  1. Bersihkan permukaan yang hendak dilapisi Aquaproof dengan air atau air sabun untuk menghilangkan debu, karat, minyak, jamur dan kotoran lainnya kemudian keringkan.
  2. Setelah kering, lapiskan primer hasil campuran Super Cement + semen dengan perbandingan volume 1:1,25.
  3. Setelah lapisan primer kering, lapiskan Aquaproof dengan menggunakan kuas, rol atau alat penyemprot. (1 kg Aquaproof dianjurkan untuk 1m² dengan 2 kali pelapisan).
  4. Untuk daerah sambungan yang rawan pergerakan, hendaknya diperkuat dengan Aquaproof Polyester Mesh atau Supermesh pada saat lapisan pertama masih basah.

Nah itu dia tips memperbaiki dinding rembes akibat cuaca extreme. Dapatkan produk-produk Aquaproof melalui Aquaproof Official Store di marketplace seperti Tokopedia, Shopee maupun Blibli. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat ya!

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!