4 Cara Menambal Nat Keramik yang Bocor Secara Efektif

October 07 2021

Bagian kamar mandi biasanya lebih banyak menggunakan keramik, sehingga jumlah nat juga bertambah. Salah satu bagian kamar mandi tersebut yang dapat kita perhatikan adalah bak mandi. Agar air yang tertampung di dalam bak mandi tetap terjaga kebersihannya, kita kerap menguras bak mandi dan membersihkannya menggunakan bahan kimiawi atau cairan pembersih.

Penggunaan bahan kimiawi dan cairan pembersih yang terlalu sering akan membuat nat bak mandi menjadi rentan terkikis, dan akibatnya bisa menyebabkan nat mengalami keretakan bahkan menjadi celah kebocoran. Apabila hal ini terjadi, tentunya akan sangat menjengkelkan. Air yang sudah ditampung penuh satu bak mandi bisa terbuang sia-sia bahkan berdampak pada tagihan air melonjak mahal.

Selain itu, bak kamar mandi dengan nat yang retak akan menjadi celah atau lubang sarang persembunyian binatang kecil yang tentunya mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Untuk itu Anda harus segera mengatasi masalah-masalah nat yang timbul seperti dijelaskan di atas, salah satunya dengan cara menambal nat keramik tersebut.

Berikut ini adalah tips cara menambal nat keramik yang bocor secara tepat dan efektif.

Tapi sebelum Anda memulai untuk menambal nat keramik yang bocor jangan lupa menyiapkan alat dan bahan seperti kuas, scraper, kape, kain lap, roskam karet dan tentunya pengisi nat keramik Supergrout A+

alt_text

Cara Menambal Nat Keramik yang Bocor Secara Efektif

1. Periksa bagian yang bocor

Langkah pertama sebaiknya periksa dahulu bagian yang bocor, apabila Anda sudah mengetahui dimana letak kebocoran berasal maka tahap ini bisa Anda lewatkan. Apabila Anda belum mengetahui posisi kebocoran, Anda harus mengisi bak kamar mandi dengan penuh terlebih dahulu. Periksa dengan teliti dimana celah atau bagian yang menjadi sumber kebocoran itu muncul, tandai bagian tersebut agar tidak terlewatkan untuk ditangani. 

BACA JUGA : Rekomendasi Pelapis Anti Bocor Untuk Kolam Ikan Berkualitas

2. Periksa dan Pastikan Bak Kamar Mandi Sudah Kering

Setelah Anda sudah mendapatkan dimana sumber bocornya, kuras bak kamar mandi hingga tidak ada sisa air. Biasanya proses ini memakan waktu namun bak kamar mandi tetap harus dibuat benar-benar kering. Apabila masih tersisa air, proses penambalan pada bagian yang bocor tentunya tidak akan maksimal dan pengisi nat keramik tidak dapat melekat dengan sempurna.

3. Membongkar Pada Bagian Nat Keramik yang Bocor

Terjadinya keretakan biasanya menyebabkan kebocoran pada bak mandi. Bongkar nat kamar mandi pada titik bocornya, bersihkan sisa nat lama yang masih menempel menggunakan kape atau bila hanya sedikit area nat yang menjadi sumber kebocoran maka titik bocor nat tersebut dibuat lebih lebar agar memudahkan proses penambalan. 

4. Siapkan Pengisi Nat Keramik Supergrout A+ untuk Mengisi Celah Antar Keramik yang Bocor

Supergrout A+ adalah pengisi nat keramik, marmer, mozaik, porselen, granit dan sejenisnya yang merupakan produk dari Aquaproof. Dengan Polymerized Acid Resistant Technology, pengisi nat Supergrout A+ dapat menjadi solusi kebocoran pada nat bak mandi karena hasil nat-nya yang melekat sempurna, tahan lama serta tahan terhadap asam bahan kimiawi seperti cairan pembersih. Selain itu Supergrout A+ juga memiliki keunggulan tidak mudah terkikis, mudah dibersihkan, warna tahan lama, tahan jamur dan lumut, tidak mudah retak, tidak menyusut dan tersedia dalam 7 pilihan warna menarik.

Untuk cara penggunaan Supergrout A+ pertama bersihkan nat dari sisa semen dan nat lama, lalu aduk Supergrout A+ dengan air mengikuti perbandingan volume  3:1 hingga benar - benar merata dan tidak ada gumpalan. Selanjutnya tuangkan Supergrout A+ di atas nat, dan paksakan adukan Supergrout A+ masuk sempurna ke dalam nat menggunakan roskam karet. Kemudian bersihkan sisa Supergrout A+ menggunakan lap basah, dan terakhir rapikan nat menggunakan group finisher.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!