Simak Tips Mengatasi Dinding Rembes Dengan Produk Terbaik

January 10 2022

Memiliki rumah yang dapat melindungi dan membuat keluarga nyaman memang sangat penting. Namun ada banyak masalah yang dapat terjadi bahkan bisa tergolong sering, seperti masalah rembesan dinding di saat musim hujan tiba yang membuat penghuni rumah menjadi tidak nyaman, selain itu dinding rembes air dapat membuat tembok mudah lapuk, cat menjadi cepat mengelupas, bahkan bisa menimbulkan jamur karena tembok yang lembab akibat rembesan air.

alt_text

Apabila rumah mengalami rembes air, sebaiknya segera diatasi agar tidak terjadi hal yang fatal di kemudian hari. Untuk bisa mengatasi masalah dinding rumah Anda rembes air kami akan memberikan beberapa tips untuk bisa mengatasinya.

1. Mengecat Bagian Dinding yang Terdapat Retak Rambut

Apakah dinding rumah Anda muncul retak rambut yang mengakibatkan rembes air? Karena celah sedikitpun pada dinding dapat menjadi jalan bagi air untuk masuk dan merambat ke sisi lainnya. Untuk mengatasinya Anda bisa mengecat ulang dinding rumah Anda.

Sebelum mulai proses pengecatan, pastikan dahulu Anda membersihkan lapisan cat lama atau sisa cat yang masih menempel agar nantinya cat baru akan melekat sempurna dan tidak kembali retak. Untuk mengatasi masalah retak rambut Anda dapat melakukan pelapisan primer atau cat dasar dengan menggunakan bahan campuran Super Cement.

Campur Super Cement dengan semen biasa dengan mengikuti perbandingan volume 1 banding 1,25. Aduk rata dan aplikasikan dengan kuas atau rol.

Mungkin Anda akan bertanya apa sih fungsi dari Super Cement? Super Cement adalah produk dari Aquaproof yang sudah terbukti  berkualitas dan memiliki fungsi yang sangat baik untuk bisa menutupi retak rambut dan juga dapat mengikat sisa debu dan kotoran yang masih tertinggal, sehingga daya rekat cat pelapis anti bocor atau cat waterproofing Aquaproof bisa meningkat terhadap substrat.

Setelah Anda menggunakan cat primer Super Cement, Anda bisa melanjutkan proses pelapisan menggunakan produk Cat Aquaproof dengan pelapisan dua kali tanpa perlu dicampur air sedikitpun agar kualitasnya tetap terjaga dan hasilnya dapat maksimal.

Perlu diketahui daya rekat dari cat aquaproof juga sangat kuat dan bersifat elastis hingga 600 persen yang dapat membuat dinding Anda menjadi tahan pemuaian atau susut yang diakibatkan oleh perubahan cuaca.

2. Memperhatikan Sirkulasi Udara Pada Ruangan Anda

Cara mengatasi rembes air selanjutnya yaitu memperhatikan sirkulasi udara pada ruangan dan pastikan juga ruangan Anda memiliki ventilasi yang cukup.

Sirkulasi udara yang baik pada ruangan rumah Anda akan membuat dinding menjadi tidak mudah lembab dikarenakan ada perputaran udara, angin dan sinar matahari yang masuk.

Sirkulasi udara yang baik juga bisa mencegah munculnya jamur akibat ruangan yang lembab.

BACA JUGA : 3 Cara Mengatasi Tembok Keluar Air Mengakibatkan Rembesan

3. Menggunakan Pelapis Waterproofing Khusus untuk Kamar Mandi

Bagi Anda yang memiliki masalah rembes air pada kamar mandi, untuk mengatasi dinding kamar mandi yang lembab karena area yang basah dan sekaligus untuk lantainya yang kerap terendam air caranya adalah dengan memberikan waterproofing pada area kamar mandi Anda.

Produk waterproof yang cocok Anda gunakan adalah Aquagard yang juga merupakan salah satu produk terbaik dari Aquaproof.

Anda bisa menggunakan Aquagard dengan pilihan yang tersedia di pasaran mulai dari ukuran 2.5kg set, 4kg set, dan 20kg set.

Perlu di ketahui Aquagard memiliki dua komponen dalam bentuk cair dan bubuk.

Cara menggunakan Aquagard cukup mudah, hanya dengan mencampurkan komponen air dan juga bubuk menggunakan perbandingan 1:3 setelah itu diaduk rata, dan aplikasikan langsung menggunakan kuas atau rol pada area kamar mandi baik di dinding maupun lantai (sebelum pemasangan keramik).

4. Cek Talang Air 

Rembesan air bisa terjadi akibat masalah talang air dan dak beton rumah Anda yang bocor. Apabila talang air bocor, air hujan tentunya akan mudah masuk melalui dak dan meresap ke dinding atau tembok.

Sebaiknya memasang talang air dengan benar untuk bisa mengatasi kebocoran atau rembes air. Anda juga perlu melakukan pengecekan berkala dan melakukan perbaikan talang air.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu agar talang dapat mengalirkan air dengan lancar, jangan sampai ada benda-benda yang membuat talang tersumbat seperti daun-daunan dari pohon.

5. Memastikan Saat Acian Dinding Harus Kering

Penyebab dari rembes air bisa juga karena pada saat melakukan acian dinding, keadaan dinding masih basah atau belum kering sempurna.

Lakukanlah plester atau pengacian pada dinding dalam maupun dinding luar mengikuti  instruksi teknis yang dianjurkan. Seperti proses pelembaban acian selama dua hari berturut-turut dan proses pengecatan setelah 14 hari aplikasi acian.

Untuk dinding luar disarankan dapat dilanjutkan pengecatan menggunakan cat pelapis waterproofing yang terbukti melindungi yaitu Aquaproof dengan pilihan 24 warna menarik tentu akan membuat dinding rumah Anda tampak indah.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!