Kiat membuat dinding kamar mandi lebih cantik!

January 26 2021

Jika pada ruangan lain keramik hanya dipakai untuk lantai, tapi tidak pada kamar mandi. Karena ukuran ruangannya kecil dan relatif basah, keramik di kamar mandi juga biasa dipasang di dindingnya. Tujuannya supaya dinding tidak mudah berjamur dan lebih gampang dibersihkan. Selain mengecek kualitas keramik dari segi ketebalannya, kamu juga mesti mengecek pemasangan keramik kamar mandi. Terutama jika keramik mau dipasang di kamar mandi berukuran kecil. Apakah pengisi nat keramik itu memakai bahan yang terbaik? Meski kelihatan sepele, ini akan mempengaruhi keawetan dari keramik di  kamar mandi.

Untuk memilih keramik kamar mandi yang bagus, cek kualitas dan sesuaikan motif dengan desain kamar mandi. Sah-sah saja membeli keramik kamar mandi murah asalkan kualitasnya memang layak dijagokan. Begini tips membuat dinding kamar mandi lebih cantik!

1. Pastikan materialnya nggak licin

Alih-alih memakai keramik berbahan glossy yang licin, lebih baik gunakan yang nggak terlalu mengkilap dan sedikit bertekstur. Selain lebih aman, material keramik ini gampang dibersihkan dan bebas lumut. Segera sikat tiap kali ada noda supaya nggak berbekas.

2. Gunakan Supergrout sebagai pengisi nat keramik berkualitas

Supergrout memiliki keunggulan yaitu daya lekat kuat, tahan lama, tahan jamur, tahan cuaca, tahan jamur dan lumut, tahan retak dan tersedia berbagai warna yang bisa kamu cocokkan dengan keramik dinding dan lantai kamar mandi rumahmu.

3. Sesuaikan ukuran dengan luas kamar mandi

Gunakan keramik berukuran besar untuk kamar mandi besar supaya nggak kelihatan kecil. Tapi jika kamu memang ingin memakai keramik kecil, sebaiknya pilih yang berpola saja. Pada kamar mandi kecil, ukuran keramiknya bisa lebih eksploratif. Boleh kecil atau justru kombinasi besar kecil.

4. Pilih keramik dengan tone warna yang sama

Memakai banyak warna keramik boleh-boleh saja, tapi kalau ukuran kamar mandimu kecil, cara ini malah bikin ruangan kelihatan sumpek. Pakailah keramik satu warna biar kelihatan lebih elegan dan bisa menetralkan suasana. Ketimbang warna kontras, pilihlah warna netral seperti abu-abu ataupun putih agar kamar mandi kelihatan lebih cerah.

5. Eksplorasi pemilihan bentuk dan pemasangan keramik

Kebanyakan kamar mandi menggunakan keramik berbentuk kotak. Tapi kalau kamu ingin kelihatan beda, coba eksplorasi bentuk keramiknya, bisa pakai keramik dengan bentuk heksagonal atau bahkan bulat. Agar lebih unik, pemasangannya juga bisa diselang-seling. Selama warnanya senada, kamar mandi nggak akan kelihatan norak dan lebay kok.

6. Gunakan keramik dengan warna yang lebih kontras sebagai statement wall

Ukuran kamar mandi memang kecil, tapi bukan berarti desainnya nggak penting. Saat memilih motif keramik kamar mandi minimalis, usahakan untuk menyiapkan beberapa pattern atau warna keramik yang beda dengan lainnya.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!