Perbandingan Aquaproof Polyester Mesh dengan jenis serat lain!

June 29 2021

Untuk menutup kebocoran pada atap maupun dinding, selain dibutuhkan cat pelapis anti bocor, Anda juga memerlukan penguat lapisan berbahan polyester. Ada banyak jenis dan merk dari penguat lapisan. Aquaproof pun punya penguat lapisan waterproofing yaitu Aquaproof Polyester Mesh. Namun apa bedanya dengan penguat lapisan lain? Yuk kita bahas di artikel ini.

Jika dari bahan, Polyester Mesh terbuat dari polyester dan berbentuk anyaman berbentuk kotak-kotak, sedangkan penguat lainnya terbuat dari serat fiber (tipe A) berbentuk serat-serat panjang dan berbentuk seperti kain (tipe B) dengan kotak-kotak yang lebih rapat. Aquaproof Polyester Mesh juga bertahan lama meskipun terpapar cuaca ekstrem dari hujan hingga panas terik, sedangkan serat fiber bila terjemur matahari akan mengering, menjadi rapuh dan bagian ujung-ujung fiber menjadi tajam yang kemudian dapat merusak lapisan waterproofing di atasnya dan menyebabkan munculnya lubang atau celah-celah rembesan. Serat penguat lain seperti tipe B terlihat baik-baik saja saat ditutupi lapisan waterproofing namun saat dicek kembali, serat tersebut tidak melekat sempurna ke substrat serta kekuatan tariknya tidak sebanding dengan Polyester Mesh.

Untuk penggunaan, penguat lapisan lain berfungsi sebagai penguat lapisan pada retakan atau lubang rembesan. Sedangkan pemakaian Polyester Mesh selain digunakan sebagai penguat lapisan waterproofing, juga digunakan sebagai penguat yang bersifat menulang pada permukaan yang rawan, seperti:

  • Sambungan-sambungan
  • Tepi-tepi sudut pertemuan
  • Daerah aktif bergerak
  • Pertemuan dua bidang

Nah itu dia perbedaan Aquaproof Polyester Mesh dengan jenis serat fiber lain yang pasti lebih banyak keunggulan dari Polyester Mesh dibanding serat fiber lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!