10 Tips Cara Cat Tembok Rumah Dengan Benar

November 08 2021

Dalam beberapa tahun sekali mungkin Anda ingin mengubah suasana rumah menjadi lebih fresh dan ingin ruangan atau penampilan luar rumah terlihat lebih baik dan trendi. Tentunya Anda dapat melakukan renovasi dan mendekorasi kembali rumah Anda. Ada satu cara yang cukup mudah untuk memperbaharui penampilan rumah Anda yaitu dengan melakukan cat kembali tanpa harus memanggil tukang cat, karena Anda bisa melakukannya sendiri. Dengan mengecat tembok sendiri tentunya akan dapat menghemat biaya dan Anda dan keluarga bisa berkreasi sendiri sesuai keinginan agar tampilan rumah lebih artistik.

alt_text

Tips Cara Cat Tembok Rumah Dengan Benar 

Untuk itu disini kami memberikan tips cara cat tembok rumah dengan benar, Anda harus mengikuti tips dan langkah - langkah yang benar dibawah ini:

1. Siapkan Dahulu Peralatan

Langkah pertama sebelum memulai mengecat tembok rumah Anda agar penampilan lebih keren sebaiknya siapkan dahulu alat - alat seperti bak cat, kuas dan roller, lakban, masking tape, amplas, koran, dempul dan juga tangga untuk bisa menjangkau area yang tinggi. Dengan menyiapkan alat dari awal tentunya bisa menghemat waktu Anda dan juga tenaga sehingga Anda tidak perlu repot - repot mencari alat yang diperlukan satu per satu.

2. Bersihkan Dahulu Tembok Sebelum Dicat

Langkah selanjutnya sebelum memulai cat tembok rumah Anda sebaiknya dibersihkan dahulu agar debu yang menempel di permukaan hilang dan cat yang baru dapat melekat sempurna. Pastikan permukaan sudah menjadi halus dan rata, Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan sikat atau lap basah.

Apabila terdapat noda, disarankan untuk dibersihkan menggunakan deterjen dan menggosoknya menggunakan spons, setelah itu diamkan dinding hingga benar - benar kering.

Apabila kondisi cat lama pada tembok sudah mengelupas, maka sangat disarankan untuk membersihkan cat lama tersebut seluas satu bidang bagian yang akan dicat, hal ini dilakukan untuk menghindari cat baru ikut mengelupas di kemudian hari.

3. Tutup Bagian yang Tidak Ingin Dicat

Langkah selanjutnya agar bagian yang tidak ingin Anda cat aman dari tumpahan cat sebaiknya menutup sudut - sudut atau bagian yang tidak dicat, contohnya seperti bagian jendela, bagian gagang pintu, bagian tepi plafon. Anda bisa menutup bagian - bagian tersebut menggunakan lakban atau masking tape.

Untuk barang - barang yang berada dekat tembok yang ingin di cat atau berada di sekitar tembok yang ingin di cat, Anda bisa menutupnya menggunakan koran agar barang atau area tersebut aman dari tumpahan atau cipratan cat nantinya. Untuk bagian lantai juga wajib untuk ditutup dengan koran agar lantai bisa tetap aman dan bersih dari cipratan cat.

Anda bisa melepas lakban, masking tape, koran setelah proses pengecatan selesai, hal ini agar bisa menghindari cat ikut terangkat atau tercabut saat masking tape dan lakbat dicabut lama ketika cat sudah mengering.

4. Benahi Bagian Lembab dan Tutup Retakan Pada Tembok

Selanjutnya cek dahulu tembok yang ingin Anda cat, apabila tembok tersebut potensial mengalami kelembaban tinggi atau merupakan salah satu titik sumber rembes, maka sebaiknya benahi terlebih dahulu menggunakan produk acian kedap air terbaik Hydrostop, salah satu produk dari Aquaproof. Hal ini juga perlu Anda lakukan bila kondisi tembok Anda sudah lapuk atau acian dan plesteran mudah lepas.

Setelah itu Anda bisa mengoleskan cat primer seperti Super Cement yang merupakan emulsi polimer untuk meningkatkan mutu semen. Campuran Super Cement dan semen dengan perbandingan 1:1,25 sebagai primer berfungsi untuk menutup retak rambut, mengikat sisa debu dan kotoran yang masih tertinggal serta meningkatkan daya lekat cat ke substrat. 

5. Aduk Cat Terlebih Dahulu Agar Tidak Menggumpal

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal agar tidak terjadi gumpalan pada cat, sebaiknya aduk cat terlebih dahulu sebelum memulai proses mengecat. Untuk durasi waktunya setidaknya 2-5 menit dan ingat untuk menjaga kualitas cat agar bekerja melindungi rumah Anda secara optimal maka cat tidak perlu ditambahkan air sedikitpun. Untuk produk cat tembok eksterior Anda bisa menggunakan produk cat pelapis anti bocor Aquaproof dan Aquaproof Pro yang sudah terbukti tahan lama melindungi hunian keluarga Anda.

BACA JUGA : Tips Memilih Cat Tembok Keren Tahan Lama untuk Eksterior dan Interior

6. Mengaplikasikan Warna Dasar Tembok

Jika Anda mau mengubah warna tembok selain warna putih, sebaiknya amplas dahulu cat tembok lama untuk bisa menghilangkan warna sebelumnya, jika Anda tidak punya banyak waktu dan ingin langsung mengecatnya, Anda bisa gunakan cat tembok warna putih terlebih dahulu, dengan mengaplikasikan cat tembok warna dasar yang putih tentunya akan membuat cat tembok baru dengan warna pilihan Anda bisa menjadi lebih terang.

Disarankan untuk melakukan hal ini dalam satu waktu pengerjaan dengan warna yang sama. Apabila bertahun-tahun kemudian Anda baru ingin melanjutkan pada bidang lain dikhawatirkan ada perbedaan warna antara bidang yang satu dengan yang lainnya terutama pada warna cat yang cerah.

7. Menggunakan Kuas Kecil

Untuk bisa mempermudah dan juga mempercepat proses pengecatan tembok rumah Anda, Anda bisa menggunakan roller, namun dengan menggunakan roller Anda tidak dapat menjangkau sudut-sudut tembok yang belum terpoles dengan cat. Untuk itu kami sarankan untuk menggunakan kuas kecil untuk menjangkau sudut - sudut sehingga bisa menghasilkan cat yang rapi dan sesuai keinginan.

8. Menggunakan Teknik Pengecatan

Untuk teknik mengecat tembok Anda. disarankan untuk dua kali pelapisan yang lapisan pertama dan kedua diusahakan menyilang satu sama lain. Apabila lapisan pertama Anda melakukan pengecatan dengan posisi vertikal, maka lapisan kedua bisa dilakukan dengan posisi horizontal dan sebaliknya. Hal ini akan membuat permukaan tembok rata tertutupi dengan cat secara menyeluruh.

9. Membersihkan Peralatan

Setelah proses pengecatan tembok rumah Anda selesai, bersihkan peralatan yang dipakai seperti kuas, roller, dan cat. Cucilah alat - alat tersebut sebelum semuanya mengering dan mengeras. Proses membersihkan alat - alat ini sangat penting agar bisa digunakan kembali bila Anda berencana mengecat tembok rumah di bagian lain.

10. Tips Menyimpan Cat Agar Awet

Setelah semua peralatan sudah bersih, simpan alat - alat tersebut dengan baik dan benar dan untuk cat sebaiknya ditutup dengan rapat - rapat dan diletakkan pada tempat yang jauh dari jangkauan anak - anak.  Apabila cat tumpah tidak sengaja, dan Anda ingin membuang sisanya sebaiknya tidak membuang cat tersebut di selokan atau sungai, sebaiknya dibuang di tempat yang sudah diijinkan.

Sekian tips cara cat tembok rumah dengan benar yang bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah semoga bisa membantu memberikan solusi yang bermanfaat. Apabila Anda membutuhkan produk berkualitas seperti cat pelapis anti bocor Anda bisa menggunakan produk Aquaproof dan tentunya Aquaproof juga memiliki produk-produk lainnya yang menjawab kebutuhan bangunan Anda.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!