Ingin tahu cara agar beton tidak keropos? Cek disini

January 19 2021

Apakah faktor-faktor yang bisa menyebabkan beton keropos? Kebanyakan bangunan modern saat ini dibuat menggunakan beton. Beton memang terbukti sangat kuat, kokoh, dan sanggup menahan beban dengan baik. Anggaran biaya untuk mendirikan bangunan beton pun terhitung murah jika dibandingkan dengan kualitas yang didapatkannya. Maka tak heran, beton menjadi material pilihan utama untuk membangun konstruksi yang modern.

Semua pekerja tentu menginginkan pekerjaan yang telah dilakukannya dapat menghasilkan beton yang berkualitas bagus. Tetapi permasalahan kadang-kadang tidak bisa dihindarkan dari struktur beton yang sudah dibuat tadi. Beberapa kasus yang cukup sering terjadi yaitu beton ternyata mengalami keropos. Kenapa ya masalah ini bisa terjadi dan bagaimana pula langkah-langkah yang paling tepat guna memperbaikinya?

Beton keropos harus ditangani dengan benar secepat-cepatnya. Jika tidak, kekuatan struktur beton tersebut akan berkurang drastis, menjadi lemah, dan tidak mampu menopang beban di atasnya. Bahkan akibat yang paling buruk bisa terjadi manakala kualitas beton yang dibuat di bawah perencanaan, maka bangunan tadi berisiko besar akan rubuh. Lama-kelamaan beton yang keropos juga akan merembet pada masalah berkaratnya besi tulangan yang tertanam di dalamnya karena terkena langsung udara dan air.

Beton yang keropos wajib diperbaiki sesegera mungkin untuk meningkatkan kualitasnya kembali sehingga beton tersebut dapat berfungsi dengan baik. Metode yang pertama adalah dengan menutup bagian beton yang keropos apabila keroposnya hanya di permukaan dan bagian keropos tidak terlalu besar. Metode selanjutnya yaitu mempertebal dimensi kolom dengan memasang besi tulangan tambahan di luar kolom dan mengecornya lagi menggunakan BetonMix sampai menyelimuti kolom yang lama, namun sebelum pengecoran dilakukan dapat menggunakan produk Super Cement di seluruh bagian permukaan beton lama. Fungsi Super Cement untuk menyambung beton lama dan beton baru. Namun bila keroposnya sudah terlalu banyak, mau tidak mau beton yang bermasalah tersebut harus dibongkar dan dibangun kembali struktur yang baru.

Berikut adalah cara pemakaian BetonMix:

  1. 1kg BetonMix digunakan untuk 2-8 zak semen atau 0,2% - 1% dari berat semen
  2. Campur BetonMix dengan air yang akan digunakan. Penggunaan air dapat dikurangi 10% - 30% dari kebutuhan air normal.
  3. Masukan campuran air dan BetonMix ke dalam adukan pasir, kerikil dan semen lalu aduk hingga rata.
  4. Lakukan pengecoran biasa, usahakan adukan beton selesai dituang dalam waktu kurang dari 1 jam.

Adapun pemakaian BetonMix bertujuan untuk memperpanjang usia bangunan dengan menghasilkan beton bermutu tinggi (memiliki kuat tekan yang baik dan beton tidak keropos), mempercepat pengerasan beton dan mempermudah pengecoran beton. Dapatkan produk BetonMix di Official Aquaproof di e-commerce kesayangan kamu dan semoga informasi ini bermanfaat ya

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!