7 Jenis Cat Tembok dan Fungsinya Wajib Diketahui

November 15 2021

Untuk membuat ruangan rumah ataupun bagian luar rumah menjadi lebih enak dipandang dan indah memang sangat dipengaruhi oleh cat tembok yang Anda gunakan. Tidak hanya dari segi warna cat saja, ada banyak jenis cat tembok rumah yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Dengan beredar berbagai jenis cat tembok yang bisa didapatkan di toko bangunan, tentunya cat tembok memiliki berbagai fungsi juga. Untuk itu disini kami akan menjelaskan beberapa jenis - jenis cat tembok yang wajib Anda ketahui.

alt_text

1. Jenis Cat Primer atau Cat Dasar

Pada umumnya cat tembok yang diaplikasikan menggunakan warna - warni tertentu, tapi tahukah Anda sebelum memulai proses pengecatan warna-warni, tembok harus dilapisi oleh cat dasar atau cat primer terlebih dahulu. Cat primer bisa Anda dapatkan di pasaran, terlebih khusus cat primer yang berkualitas seperti Super Cement yang merupakan salah satu produk Aquaproof. Campuran Super Cement dan semen dengan perbandingan 1:1,25 sebagai primer pada tembok sebelum pengecatan warna, berfungsi untuk menutup retak rambut, meningkatkan daya lekat cat ke substrat dan mengikat sisa debu dan kotoran yang masih tertinggal.

2. Jenis Cat Akhir

Berdasarkan namanya yaitu cat akhir memang cat ini diaplikasikan tahap terakhir untuk mengecat tembok. Cat akhir ini memiliki kegunaan untuk bisa menonjolkan warna cat dinding yang sudah dimulai dengan cat primer atau cat dasar agar hasil pengecatan bisa lebih indah. Cat akhir ini biasanya merupakan cat yang berkualitas dengan kandungan bahan handal atau yang memiliki inovasi terbaru seperti bahan akrilat poliuretan yang bisa melapisi secara horizontal dan juga vertikal untuk melapisi tembok interior maupun eksterior, untuk produk yang tepat Anda bisa menggunakan cat Aquaproof PRO yang fungsinya juga sebagai cat waterproofing yaitu cat pelapis yang melindungi tembok dari kebocoran maupun rembes karena air hujan. Aquaproof PRO juga memiliki sifat waterponding resistance yang baik sehingga cocok untuk melindungi atap dak beton Anda yang rawan tergenang air.

3. Jenis Cat Top Coat

Untuk cat jenis ini adalah cat yang fungsinya hampir sama seperti cat akhir karena sama - sama bisa digunakan atau diaplikasikan pada tahap akhir pengecatan. Yang menjadi pembedanya cat top coat lebih umum digunakan untuk mengaplikasikan pada sistem metalik. Apa sih tujuannya? tujuan dari cat top coat ini sebagai cat yang memberikan efek kilap atau glossy.

BACA JUGA : Rekomendasi Cat Anti Jamur Berkualitas Tahan Lama

4. Jenis Cat Undercoat

Cat jenis undercoat ini memiliki bahan dasar dari minyak, jenis cat ini biasanya digunakan setelah proses cat primer. Cat undercoat ini juga dikenal sebagai cat dasar yang fungsinya dapat menghaluskan bagian permukaan dinding tembok Anda yang tentunya sudah dilapisi oleh cat primer, selain itu cat ini juga bisa melindungi tembok Anda dari sinar matahari. Aquaproof juga memiliki cat khusus seperti cat HeatGard yang memiliki formula sebagai reflektor dan insulator sehingga hasil aplikasi cat-nya pada bagian akhir tembok mampu menurunkan suhu 10 hingga 20 derajat Celcius. Tentunya tembok Anda bisa tahan lama dan rumah menjadi lebih adem.

5. Jenis Cat Polyurethane

Jenis cat ini adalah cat yang memiliki fungsi sebagai pelindung yang namanya biasanya disebut juga sebagai cat PU. Cat ini adalah jenis cat premium yang bisa melindungi rumah dari paparan sinar matahari, hasil jadi cat ini juga sangat berkualitas dengan daya lekat yang kuat, tahan lama, elastis, minim noda dan bisa didapatkan pada cat Aquaproof PRO yang terdiri dari dua ukuran kemasan yaitu 4 kg dan 20 kg dengan pilihan warna abu pro dan putih.

6. Jenis Cat Remover

Anda ingin mengecat tembok rumah Anda dengan warna lain? Anda bisa menimpa cat yang sudah ada sebelumnya sehingga tembok menjadi terlihat lebih baru, untuk itu Anda membutuhkan cat remover. Perlu diketahui bahan cat remover ini mengandung emulsi dari bahan kimia yang khusus dirancang untuk membuat cat yang lama bisa mengelupas. Dengan menggunakan cat remover Anda tidak perlu terlalu repot mengerik cat tembok sebelumnya sampai hilang.

7. Jenis Cat Wall Sealer

Dipasaran tentunya Anda akan sering menemukan cat yang gunanya sebagai cat pelapis dasar untuk tembok. Salah satu jenis cat dasar ini adalah cat wall sealer yang berfungsi untuk bisa menutupi pori - pori agar bisa terisi sehingga permukaan tembok bisa menjadi lebih halus, dengan hasil tembok yang halus maka saat pengaplikasian cat akhir pun akan lebih mudah, jenis cat ini bisa Anda dapatkan dalam primer produk Super Cement dari Aquaproof dengan cara penggunaan yang tepat sesuai petunjuk di kemasan.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!