Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bak Kamar Mandi yang Bocor Dengan Aquaproof

August 26 2021

Tempat tinggal atau rumah merupakan bagian yang sangat penting untuk melindungi dan menjaga keluarga. Rumah juga juga menjadi wadah bagi setiap anggota keluarga agar terlindung dari segala gangguan, seperti panasnya matahari, hujan, dan bisa menjadi tempat berlindung untuk istirahat dari kesibukan dan kepenatan di luar rumah.

Ada beberapa bagian rumah yang sangat penting bagi setiap pemilik rumah, salah satunya yaitu kamar mandi. Kamar mandi juga memiliki dua bagian diantaranya bagian kering dan juga bagian basah. Untuk bagian kamar mandi basah umumnya digunakan sebagai penampungan air yang sudah kita kenal dengan nama bak mandi. Nah pada kamar mandi kering kita ketahui seperti kamar mandi yang menggunakan shower dan terdapat pembatas sehingga setiap mandi tidak akan membuat basah satu ruangan.

alt_text

Khususnya bagi kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya lebih banyak menggunakan kamar mandi basah yang didalamnya terdapat bak mandi. Penyebab banyak keluarga di Indonesia masih menggunakan bak mandi karena masih banyak aliran air yang kurang stabil sehingga diperlukan bak mandi atau penampungan air sehingga stok air lebih aman terpenuhi.

Sangat penting untuk bisa menjaga kebersihan pada bak mandi penampungan air  dan menjaga ketahanan dari bak mandi sehingga tidak menjadi bocor dan terjadi rembesan.

Penyebab Utama Bocornya Bak Mandi

Ada beberapa penyebab yang membuat bak mandi Anda bocor yaitu seperti lantai beton kamar mandi yang tidak kuat dan retak yang membuat air bak menetes dan bisa juga dikarenakan terjadi bocornya pada pipa. Simak juga beberapa penyebab lainnya dan cara mengatasi bak kamar mandi bocor.

Terjadinya keretakan atau pecahnya keramik

Apabila kamar mandi Anda mengalami keretakan pada bagian keramik ini biasanya disebabkan terjadi penyusutan pada perekat keramik. Bahan perekat untuk lantai kamar mandi ini biasanya terbuat dari campuran seperti pasir, semen, dan juga air. Berjalannya waktu akan membuat kandungan air semakin berkurang yang akan mengakibatkan penyusutan dan bisa menyebabkan keramik pada lantai kamar mandi Anda retak, pecah ataupun lepas.

alt_text

Terjadinya Kerusakan Kran Penguras Kamar Mandi

Kerusakan pada kran yang ada di dalam bak kamar mandi yang berfungsi untuk menguras air dapat mengakibatkan pada permukaan keramik amblas sehingga akan muncul celah yang dapat dilewati air sehingga terjadi rembesan.

Tidak Menggunakan Pelapis Anti Bocor yang Tepat

Adonan antara semen, pasir dan air belum tentu dapat menahan tekanan air dengan waktu yang lama. Ditambah lagi dengan proses pemasangan adonan tersebut yang tidak padat maka akan menimbulkan celah yang mengakibatkan air dapat masuk dan berujung terjadinya rembesan meskipun hanya lubang kecil.

Solusi Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bak Kamar Mandi yang Bocor dengan Produk Aquaproof

Cara mengatasi keramik kamar mandi bocor yang pertama yang perlu Anda lakukan agar tidak lagi terjadi kebocoran pada bak mandi Anda adalah: 

  1. Mencari dimana titik yang menyebabkan terjadinya kebocoran 
  2. Bila ditemukan banyak titik bocor disarankan untuk membongkar keramik bagian dalam bak
  3. Membersihkan permukaan yang akan dibenahi
  4. Menggunakan waterproofing yang tahan genangan air dan tidak beracun seperti salah satu produk Aquaproof yaitu Aquagard pelapis kedap air berbahan semen fleksibel. Aquagard terdiri dari dua komponen yaitu komponen bubuk dan cair, campurkan keduanya dengan perbandingan 3:1 lalu aplikasikan sebanyak 2 lapisan di setiap permukaan bagian dalam bak mandi
  5. Setelah pelapis kedap air Aquagard diaplikasikan merata dan sudah kering, dilanjutkan kembali dengan proses pemasangan keramik
  6. Gunakanlah perekat keramik yang berkualitas seperti Superfix, dengan lapisannya yang tipis dapat merekatkan keramik jauh lebih kuat
  7. Terakhir isi nat keramik atau celah-celah antar keramik dengan Supergrout dengan pilihan warna yang sesuai. Supergrout akan merekat sempurna, tidak menyusut dan tidak retak sehingga air tidak akan merembes dan bocor lagi.

Apabila pada Nat sudah terlepas untuk cara mengatasi keramik kamar mandi bocor sebaiknya lakukan terlebih dahulu melepaskan bagian keramik yang ada di sekitar Nat. Setelah itu bersihkan bagian dinding dan pasang kembali keramik menggunakan semen dan juga pasir.

Apabila terdapat bagian yang retak dan juga pecah yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat tambah seperti keramik baru, sapu lidi. Setelah itu Anda bisa campurkan semen yang berwarna abu - abu dan juga lem fox. Langkah selanjutnya masukkan adonan di bagian yang terdapat keretakan atau lubang yang menyebabkan rembesan. Gunakan sapu lidi untuk menutup retakan yang kecil.

Apabila terjadi amblas pada keramik Anda perlu melepas semua keramik dan menambahkan adonan semen pada bagian permukaan. Sebaiknya tambahkan adonan semen sejajar dengan keramik lain, lalu isi Nat menggunakan semen putih dan juga lem yang sudah di campurkan.

Apabila terjadi kerusakan pada kran penguras di bak mandi Anda, Anda harus menyisipkan sedikit plastik untuk bisa menutup rapat kembali celah atau lubang.

Apabila penyebabnya karena lantai kamar mandi Anda bocor, sebaiknya Anda membongkar keramik dan memasang produk waterproofing dari Aquaproof. Waterproofing tujuannya untuk menutupi bagian yang basah pada kamar mandi. Setelah itu lakukan aci dan pasanglah kembali keramik sehingga bak kamar mandi di rumah Anda tidak akan pernah bocor lagi walaupun dak betonnya terjadi keretakan.

Semoga tips cara mengatasi keramik kamar mandi bocor, cara mengatasi bak kamar mandi bocor dapat membantu Anda dengan menggunakan produk Aquaproof

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!