Tips Mengatasi Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan Tiba

January 14 2022

Rumah anda sedang mengalami masalah akibat hujan ataupun cuaca ekstrem? Permasalahan akibat hujan seperti atap bocor memang cukup meresahkan. Apabila Anda sedang mengalami atap rumah yang bocor sebaiknya segera perbaiki agar tidak terjadi hal yang lebih fatal lagi. Apabila Anda menunggu terus-menerus dan tidak melakukan tindakan apapun maka sedikit demi sedikit bagian rumah Anda akan terkikis air dan dapat mengakibatkan terjadinya pengeroposan yang parahnya bisa berdampak hingga robohnya atap di kemudian hari. 

alt_text

Salah satu solusinya untuk Anda yaitu bisa menggunakan produk yang tepat yaitu Aquaproof Pro karena Aquaproof Pro produk handal sudah pasti pro yang diformulasikan dengan inovasi terbaru akrilat poliuretan performa tinggi yang juga dapat melapisi struktur horizontal maupun vertikal.

Dengan bahan yang berkualitas tersebut, Aquaproof Pro sangat cocok untuk melapisi atap dak beton karena sifatnya yang tahan genangan air. Selain itu, Aquaproof Pro juga berdaya lekat kuat, minim noda dan tahan UV. Atap dak beton dan talang air yang bocor dapat segera diperbaiki dengan produk yang sudah pasti pro ini.

Cara Menghindari dan Mengatasi Atap yang Bocor di Musim Hujan

Untuk bisa mengatasi masalah atap bocor di rumah Anda, di sini kami akan berbagi tips agar bisa terhindar dan mencegah masalah tersebut.

1. Rutin Melakukan Pengecekan

Untuk bisa mengatasi atap yang bocor sebaiknya lakukan pengecekan atau identifikasi dimana letak titik-titik yang bocor pada atap rumah Anda. Serta Anda juga wajib melakukan pengecekan pipa saluran air yang kemungkinan bisa terjadi kebocoran yang bersumber dari pipa.

Memang proses untuk bisa mengidentifikasi letak titik bocornya tidak mudah, apalagi di saat kondisi musim hujan yang lebat yang dapat menggenangi atap dak beton rumah dan menutup titik bocor pada atap.

Anda juga harus memberi perhatian yang lebih detail pada area bagian atas, apabila menemukan bagian yang sudah terkikis ataupun yang sudah rusak, baik itu kerusakan kecil maupun kerusakan yang sudah parah, sebaiknya segera lakukan perbaikan dengan mereparasi bagian yang rusak dengan produk dan pengerjaan yang tepat.

Seperti kasus bocornya yang terlihat di plafon rumah,  kasus bocor ini belum tentu bermula dari area yang tepat di atas titik plafon tersebut. Untuk itu sebaiknya secara rutin melakukan pengecekan secara menyeluruh sebisa mungkin sebelum memasuki musim hujan.

BACA JUGA : Dinding Muncul Bercak Air, Ini dia 4 penyebabnya dan Cara Mengatasinya

2. Ventilasi Udara Menjadi Faktor

Perlu diketahui bahwa atap yang terlalu lembab juga bisa menyebabkan terjadinya kebocoran pada atap rumah karena kelembaban tersebut mencirikan bahwa bangunan mudah menyerap air serta dapat menimbulkan bangunan cepat lapuk bahkan keropos. Untuk bisa mengatasi atau menghindari atap yang sudah keropos, sebaiknya pastikan dahulu rumah Anda sudah memiliki sistem sirkulasi udara yang cukup baik.

Anda bisa membuat sebuah jendela apabila belum terdapat jendela, selain itu Anda juga bisa membuat lubang pada dinding atas dan juga di bagian bawah genteng agar udara dalam ruangan tetap terjaga dan tetap kering.

Tidak perlu membuat ventilasi yang besar, sesuaikan dengan ukuran rumah agar perputaran udara bisa tetap lancar dan pastikan air hujan tidak masuk melalui lubang ventilasi.

3. Memeriksa dan Memperbaiki Area yang Berdempul

Atap rumah yang sering diperbaiki atau direparasi juga akan banyak terdapat area dempulan yang menggunakan produk anti bocor. Untuk area dempulan juga akan lebih tahan terhadap air dan bisa tahan lama terhadap cuaca yang ekstrem sekalipun.

Dengan seiring berjalannya waktu, dempul juga bisa terkikis oleh air hujan sehingga akan menimbulkan pori - pori kecil yang memudahkan air masuk dan merembes.

Anda bisa mengganti dempulan semen putih dengan menambal ulang di area yang bermasalah.

Lakukan sesegera mungkin untuk reparasi rumah Anda, sebaiknya jangan tunggu lama hingga terjadi kebocoran pada bagian rawan seperti atap maupun dinding rumah Anda, yang tentu akan merepotkan Anda nantinya.

Bagian atap atau wuwungan di bagian tengah genteng yang sering terpapar langsung dengan air juga sangat penting untuk dilapisi dengan produk pelapis anti bocor Aquaproof.

Perlu Anda ketahui bahwa Aquaproof adalah produk berkualitas yang sudah terbukti melindungi atap dari kebocoran, dan dari retakan karena sifatnya yang elastis hingga 600%. Anda juga bisa memperkuat waterproofing di bagian-bagian yang rawan pergerakan, bagian sudutan, bagian yang gampang retak atau sudah memiliki retak lebar yaitu dengan serat penguat yang dikenal dengan nama Aquaproof Polyester Mesh.

alt_text

Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda cukup menempelkan di atas lapisan pertama Aquaproof yang masih basah, tutup kembali dengan cat Aquaproof hingga seluruh permukaan Aquaproof Polyester Mesh tidak terlihat. Tunggu lapisan tersebut kering sentuh dan lanjutkan dengan pelapisan Aquaproof lapisan kedua. Cara ini sangat ampuh mengatasi masalah rumah bocor dan rembes.

Bergabung ke newsletter kami

SUBSCRIBE TO NEWSLETTER!